Search

Yang Perlu Anda Ketahui Dalam Business Plan

Yang Perlu Anda Ketahui Dalam Business Plan

Agar bisnis dapat berjalan dengan baik, maka seorang pebisnis harus mempunyai business plan atau rencana bisnis yang disusun dengan baik. Business plan adalah dokumentasi yang dibuat oleh para pelaku bisnis yang merangkum strategi bisnis untuk aturan perusahaan baru yang akan didirikan.

Business plan dapat diartikan juga sebagai rencana untuk mengubah suatu ide bisnis menjadi sebuah peluang/kesempatan yang nyata. Sebagai contoh: jika Anda berkeinginan memulai bisnis di bidang travel, maka Anda memulainya dari agen tiket online yang kemudian bisa Anda kembangkan menjadi agen tour online, biro perjalanan haji umroh dan seterusunya.

Pengaturan atau pengendalian resiko dan pemberian upah serta waktu yang tepat untuk menerapkannya sehingga dapat menghasilkan profit sesuai yang telah direncanakan oleh anda juga merupakan bagian dari business plan.

Business plan sebaiknya dibuat untuk jangka pendek maupun jangka panjang yang pertama kali direncanakan untuk tiga tahun pertama. Business plan perlu disusun karena merupakan legimitasi sebuah usaha yang akan didirikan. Suatu rencana kerja yang dibuat tertulis dan resmi guna menjalankan perusahaan, serta merupakan perangkat tepat untuk memegang kendali perusahaan agar fokus usaha perusahaan tetap berjalan di jalurnya.

Tujuan Business plan adalah untuk menyatakan anda sebagai pemilik dan pemegang inisiatif dalam membuka usaha baru, mengatur dan membentuk kerja sama dengan pelaku bisnis lain yang tertarik untuk bergabung dengan anda. Business plan juga dapat berfungsi sebagai alat untuk meyakinkan pada pihak ketiga dalam pencarian pembiayaan bisnis, investor, dan sebagainya.

Berikut adalah rincian singkat yang perlu dijabarkan dalam Business plan:

  • Executive Summary

Tujuannya adalah untuk memberikan gambaran secara cepat kepada para pengambil keputusan, sehingga substansi dari Business plan dapat dipahami secara jelas dan tepat.

  • General Business Description

Menjabarkan kondisi umum dari bisnis yang dijalankan. Mulai dari latar belakang, sejarah, konsep, dan proyeksi bisnis ini di masa yang akan datang. Tujuan dari penjabaran ini adalah untuk memberikan gambaran menyeluruh kepada pihak pengambil keputusan dan calon investor atas kondisi aktual dan untuk mengetahui tingkat persaingan para pelaku bisnis, menghitung kelemahan dan kekuatan yang ada, dan memperoleh dasar keyakinan dalam menjalankan bisnis anda.

  • Products And Services

Menjabarkan tentang produk dan layanan yang diberikan kepada konsumen. Pada bagian ini perusahaan perlu menyajikan informasi yang tepat atas produk perusahaan yang akan ditawarkan.

  • Marketing Plan

Menjabarkan rencana pemasaran yang akan dijalankan perusahaan dalam rangka memenangkan persaingan dan mencapai target yang telah ditentukan. Marketing plan terdiri dari kondisi pasar, review atas kompetitor, strategi pemasaran dan strategi harga. Kondisi pasar mengungkapkan akan permintaan pasar tentang jasa tiket online yang anda tawarkan, baik secara keseluruhan maupun per-segmentasi. Review kompetitor adalah melihat kelebihan yang ditawarkan oleh kompetitor pada konsumen, anda dapat mempelajarinya guna untuk meningkatkan produk dan pelayanan bisnis tiket online anda. Kunci sukses dari marketing plan adalah seberapa jauh perusahaan mengenal calon konsumen, apa yang diinginkan, tidak diinginkan dan yang diharapkan oleh calon konsumen.

  • Operational Plan

Berisi rencana harian atau bulanan bisnis tiket online anda, mulai dari awal anda membuka bisnis tiket online. Membayar berbagai macam tagihan, seperti tagihan listrik, tagihan telepon, tagihan internet dan sebagainya agar bisnis anda tetap berjalan.

  • Financial Plan

Menjadi bagian penting dalam penyusunan business plan, dalam Financial plan akan memperlihatkan seberapa jauh anda dapat mengelola sumber daya keuangan setiap bulannya. Pengelolaan keuangan secara efektif membutuhkan rencana anggaran yang realistis. Financial plan disusun dengan cara menentukan secara aktual jumlah dana yang dibutuhkan untuk memulai kegiatan bisnis tiket online anda dan biaya operasional per bulan yang anda butuhkan.