Search

Yang Harus Diperhatikan Dalam Penulisan Kata Kunci Yang Baik Dan Benar

Yang Harus Diperhatikan Dalam Penulisan Kata Kunci Yang Baik Dan Benar

Kata kunci atau keyword bisa dikatakan sebagai nyawa dari optimasi SEO. Karena jika kata kunci yang dipilih salah, maka optimasi SEO tidak menghasilkan apa-apa. Secara singkat, kata kunci adalah kata yang mendominasi di halaman blog atau website milik anda. Sehingga mesin pencari dapat dengan mudah menyimpulkan bahwa halaman website anda sedang membicarakan hal tertentu. Kata kunci sering kali ditargetkan untuk memaksimalkan blog atau website milik anda pada hasil pencarian mesin pencari.

Penempatan kata kunci inilah yang menjadi penentu blog anda akan muncul pada mesin pencari. Untuk mendapatkan hasil maksimal pada mesin pencari, anda perlu menata kata kunci atau keyword pada artikel dengan baik dan benar. Hal yang harus diperhatikan antara lain: judul, permalink, dan deskripsi. Sebaiknya anda lebih fokus pada penulisan kata kunci di artikelnya. Dengan fokus terhadap kata kunci, anda akan berpeluang untuk menembus ranking tertinggi pada mesin pencari.

Berikut beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam penulisan kata kunci (keyword) dengan baik dan benar:

  1. Menggunakan Keyword / Kata Kunci Pada Judul Artikel

Judul merupakan faktor utama dari semua hasil pencarian pada mesin pencari. Karena mesin pencari selalu menempatkan tag judul dalam hasil pencarian paling utama. Untuk itu anda harus memperhatikan dalam menggunakan kata kunci pada judul artikel yang dibuat, bagian yang paling penting dan krusial yaitu judul artikel. Dalam membuat judul artikel, sebaiknya jangan terlalu pendek (minimal 40 – 60 karatkter), sertakan kata kunci yang relevan antara judul dan isi, serta mudah dimengerti dan mudah dicari oleh pengunjung website dalam menggunakan mesin pencari.

  1. Penulisan Kata Kunci Pada Permalink

Permalink merupakan sebuah format yang berada di belakang domain website atau blog. Permalink mempunyai nilai yang baik jika disisipkan dengan kata kunci. Dengan kata lain permalink akan menambah tingkat relevansi artikel pada blog anda tersebut. Permalink berpengaruh besar dalam artikel SEO selain tag judul. Cara mengoptimalkan permalink yaitu dengan menggunakan kata kunci pada Anchor Text dengan memberikan variasi kata kunci.

  1. Penulisan Kata Kunci Pada Deskripsi

Deskripsi merupakan cuplikan utama dari isi artikel yang telah anda buat. Penulisan deskripsi yang baik biasanya terdiri dari 150 hingga 160 kata. Ringkasan hasil pencarian akan mempunyai nilai yang baik untuk mesin pencari. Tingkat akurasi akan mempunyai nilai lebih jika anda selalu menempatkan kata kunci dalam deskripsi artikel yang anda tulis.

  1. Kata Kunci Pada Artikel

Untuk mendapatkan kata kunci yang bervariasi dan dapat dibaca dengan baik oleh mesin pencari anda perlu membuat artikel yang unik dan fokus pada kata kunci. Usahakan untuk menyisipkan atau menggunakan kata kunci pada artikel di setiap paragrafnya. Dengan demikian, artikel yang anda terbitkan pada blog akan terindeks baik pada hasil pencarian.

Semakin dalam dan detail pembahasan sebuah konten, maka artikel tersebut akan dianggap semakin baik oleh mesin pencari. Lakukan penyebaran kata kunci secara merata di awal, di tengah, dan di akhir paragraf, tetapi jangan menggunakan kata kunci secara berlebihan. Jika konten dioptimasi secara berlebihan atau cenderung spamming, mesin pencari akan menganggap konten tersebut sebagai spam dan dapat menurunkan kualitas blog itu sendiri.