Search

Yang Harus Diperhatikan Dalam Menyusun Strategi Pemasaran Usaha Kecil

Yang Harus Diperhatikan Dalam Menyusun Strategi Pemasaran Usaha Kecil

Banyak orang yang ingin memiliki bisnis sendiri. Mempunyai bisnis sendiri bisa memberi kebebasan waktu yang lebih fleksibel, jam bekerja tidak terlalu kaku seperti bekerja sebagai karyawan pada perusahaan. Namun semua bisnis yang dijalankan memerlukan pemasaran, baik usaha baru maupun usaha yang telah lama dirintis, baik usaha kecil maupun usaha besar. Semuanya membutuhkan konsep marketing agar bisnis yang dijalankan tersebut dapat berkembang.

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengembangkan usaha kecil, tentunya dengan fokus pada strategi pemasaran. Dengan terbatasnya anggaran pemasaran bukan berarti menjadikan usaha yang dijalankan juga kalah dengan usaha yang lebih besar. Untuk itu anda harus kreatif dengan anggaran biaya yang minim untuk menghasilkan strategi pemasaran yang tepat.

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam menyusun strategi pemasaran untuk usaha kecil sebagai berikut:

1.Konsistensi
Dengan adanya konsistensi terhadap area pemasaran, maka akan dapat membantu dalam mengurangi biaya pemasaran dan meningkatkan efektivitas penciptaan merek.
2. Perencanaan
Perencanaan konsep marketing yang akan dijalankan usaha kecil akan mempengaruhi banyaknya pelanggan yang akan diperoleh. Untuk itu luangkan waktu untuk merencanakan strategi marketing, anggaran marketing, serta konsep lainnya yang berhubungan dengan pemasaran bisnis.
3. Strategi Pemasaran
Merupakan dasar kelanjutan dari kegiatan pemasaran yang telah direncanakan. Seperti bagaimana usaha kecil membidik pelanggan, dan bagaimana cara menjaga konsumen agar tetap menjadi pelanggan setia.
4. Target Pasar
Dengan memilih pangsa pasar yang dituju, dengan memilih satu atau lebih dari segmen pasar yang yang akan dimasuki. Target pasar yang jelas membuat konsep marketing lebih mudah untuk dilaksanakan.
5. Anggaran Pemasaran
Menghitung anggaran yang akan dikeluarkan untuk pemasaran merupakan bagian yang berat dan membutuhkan ketelitian serta keakuratan dalam menghitung. Dari anggaran yang dibuat dapat dipersiapkan dana yang akan digunakan untuk pemasaran. Pada umumnya usaha kecil kurang akurat dalam menyusun anggaran, hal ini dapat menyebabkan pengeluaran yang membengkak.
6. Marketing Mix
Biasanya dijelaskan sebagai produk, harga, tempat dan promosi. Sebagai pelaku bisnis dengan usaha kecil, perlu memutuskan dengan spesifik produk atau jasa yang akan dijual, harga yang sesuai, di mana dan bagaimana anda akan mendistribusikan produk yang anda jual, dan bagaimana orang lain dapat mengetahui tentang produk yang ditawarkan.
7. Website Atau Blog
Saat ini baik bisnis besar maupun kecil memiliki website atau blog, karena banyak konsumen yang mencari informasi melalui internet. Karena informasi produk melalui website cukup mendukung peningkatan jumlah pelanggan yang tertarik dengan produk yang anda jual.
8. Branding Bisnis
Branding merupakan bagaimana konsumen mengenal bisnis dan produk yang anda jual. Terkadang usaha kecil melupakan kebutuhan brand atau pengenalan gambar, logo, produk dan bisnis apa yang anda jalankan.
9. Promosi
Promosi merupakan salah satu konsep pemasaran yang harus diperhatikan pada berbagai bisnis dan produk, termasuk usaha kecil. Karena dengan promosi yang baik maka akan menghasilkan pengakuan tentang bisnis anda pada masyarakat luas hingga mampu meningkatkan penjualan.
10. Menjaga Hubungan Baik Dengan Konsumen
Pengelolaan hubungan agar tetap terjaga baik dengan konsumen menjadi salah satu hal penting untuk menciptakan konsumen yang loyal.

Untuk menjalankan konsep pemasaran tersebut, evaluasi kembali konsep pemasaran dan strategi pemasaran anda tersebut, agar usaha anda dapat berkembang sesuai dengan rencana dan target dapat tercapai dengan baik.