Search

Wisata ke Penajam Paser Utara

Wisata ke Penajam Paser Utara

Kalimantan adalah pulau yang digadang-gadang oleh Presiden Joko Widodo akan menjadi ibu kota baru Republik Indonesia. Lokasi tepatnya yang akan dijadikan ibu kota adalah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara. Ada beberapa alasan mengapa Presiden Joko Widodo memilih lokasi tersebut sebagai calon ibu kota negara, karena memiliki resiko kecil terkena bencana alam seperti: banjir, gempa bumi, tsunami, tanah longsor, dan gunung berapi.

Dengan jarak tempuh sekitar 66 km dengan waktu tempuh dua jam perjalanan darat dan air dari Balikpapan, Kabupaten Penajam Paser yang memiliki risiko kecil akan bencana, juga memiliki tempat-tempat wisata yang patut untuk dikunjungi. 

Air Terjun Tembinus
Jika kamu merupakan penyuka wisata air, Kabupaten Penajam Paser mempunyai air terjun Tembinus yang biasa disebut Niagara Tembinus. Lokasi wisata ini berada di Kecamatan Sepaku dan masih dalam wilayah Hak Guna Usaha PT. ITCI Hutani Manunggal. Di lokasi air terjun ini kamu bisa melakukan beberapa aktivitas seperti bermain air, berenang, dan berdiri di bawah air terjun untuk menikmati kesegaran airnya. Lokasi air terjun sangat jauh dari ibu kota yang hanya bisa dikunjungi di hari Sabtu dan Minggu dan hanya boleh menikmatinya hingga pukul 16.00 sore saja. wisatawan juga dihimbau untuk mengunjungi air terjun tersebut saat kondisi cuaca cerah supaya jalan ke air terjun tidaklah licin.

Penangkaran Rusa
Selanjutnya ada Penangkaran Rusa Penajam yang berlokasi di Desa Api-api, Kecamatan Waru Kabupaten Penajam Paser Utara. Untuk tiket masuknya wisatawan hanya membayar 2.000 saat hari biasa dan 5.000 untuk hari libur. Jenis rusa yang diternakkan di Penangkaran Rusa Penajam adalah jenis rusa Sambar (Cervus Unicolor Brookei) dan Rusa Timor (Cervus Timorensis).

Cara menikmati wisata Penangkaran Rusa Penajam ini adalah dengan memberikan makan secara langsung kepada rusa-rusa, makanan tersebut sudah disediakan oleh pihak tempat wisata. Jadi wisatawan tidak boleh sembarang memberikan makan. Selain memberikan makan wisatawan juga bisa mengambil gambar rusa-rusa yang tengah berkumpul, sehingga jika dilihat ada puluhan rusa dalam setiap kandangnya..

Pantai Corong dan Pantai Sipakario
Kabupaten Penajam Paser Utara juga memiliki pantai yang tidak kalah cantiknya, yaitu Pantai Corong. Lokasi Pantai Corong berada di Kelurahan Tanjung Tengah, Kecamatan Penajam. Wisatawan dapat menikmati keindahan pantai tersebut bersama sanak keluarga dan juga teman. Kegiatan yang sering dilakukan oleh wisatawan adalah bersantai sembari menikmati semilir angin pantai dan deburan ombak. Bersua foto dengan latar belakang hamparan lautan dan pasir yang lembut saat dipijak. Terdapat juga acara yang diselenggarakan oleh pemerintah di Pantai Corong ini, salah satunya adalah Festival Layang-layang Bertaraf Internasional.

Bagi pecinta senja, kamu bisa menikmati sunset di Pantai Sipakario yang terletak di Jalan Coastal Road, Desa Nipah-Nipah. Ada beberapa spot wisata yang cocok  digunakan untuk berswafoto seperti jembatan yang langsung menuju ke lautan, ayunan, perahu, dan masih banyak lagi. Pada sore hari waktunya bagi wisatawan untuk menikmati sunset Pantai Sipakario yang terkenal sangat indah dan menawan. Wisatawan dapat mengabadikan momen-momen tersebut dengan kamera ponsel.

Kabupaten Penajam Paser Utara memang memiliki tempat wisata yang berbeda dalam menikmatinya. Yuk, segera rencakan liburanmu ke sana.