Search

Waktu Yang Tepat Untuk Melakukan Olahraga Selama Bulan Ramadhan

Waktu Yang Tepat Untuk Melakukan Olahraga Selama Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang selalu ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia. Karena umat Islam di bulan tersebut diajak untuk lebih mendekatkan diri dengan penciptanya melalui ibadah dan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan amalan pada bulan Ramadhan. Namun bulan Ramadhan menjadi tantangan tersendiri di mana kita dituntut untuk menyeimbangkan puasa, ibadah dan aktivitas rutin sehari-hari seperti biasanya.

Untuk itu kebugaran tubuh harus selalu tetap terjaga. Puasa bukan menjadi halangan untuk tetap melakukan olahraga demi menjaga kebugaran tubuh. Meski sedang berpuasa bukan berarti anda bisa beralasan untuk tidak berolahraga. Apalagi saat berpuasa orang biasanya mengurangi aktivitas fisik. Bagi anda yang sudah terbiasa berolahraga pada pagi hari, mungkin akan merasa kesulitan untuk menyesuaikan diri saat bulan Ramadhan.

Lalu kapan waktu terbaik untuk melakukan olahraga selama bulan Ramadhan? Berikut adalah waktu yang tepat bagi anda untuk melakukan olahraga selama Ramadhan:

  1. Sebelum Buka Puasa

Anda dapat melakukan olahraga untuk membakar lemak dan kalori. Lakukan 30 – 60 menit sebelum buka puasa dan 60 menit setelah buka puasa. Bentuk olahraga saat berpuasa juga sebaiknya diperhatikan. Tidak ada salahnya mengikuti panduan olahraga yang banyak terdapat di dunia maya / internet. Namun ingat, jangan memaksakan diri untuk melakukan olahraga yang berlebihan untuk bisa membakar lemak lebih banyak. Karena anda masih berpuasa dengan sisa energi setelah bekerja atau melakukan aktivitas lainnya. Sehingga olahraga yang anda lakukan perlu dibatasi dan tidak lebih dari 60 menit dengan melakukan olahraga ringan. Jangan sampai anda merasa sakit, pusing dan lemas setelah berolahraga.

  1. Setelah Buka Puasa

Waktu setelah buka puasa merupakan waktu terbaik anda untuk melakukan olahraga selama bulan Ramadhan. Anda bisa berolahraga dua hingga tiga jam setelah buka puasa. Namun tunggu dahulu sampai makanan anda dicerna oleh tubuh sehingga anda mendapatkan energi untuk melakukan olahraga. Anda bisa melakukan olahraga apapun dari intensitas ringan hingga berat. Dengan melakukan olahraga dapat meningkatkan kekuatan dan massa otot anda.

  1. Setelah Sahur

Setelah sahur anda dapat melakukan olahraga, karena tubuh anda sudah menerima energi dari makanan ketika anda sahur. Sehingga anda dapat melakukan olahraga setelah waktu sahur selesai. Namun sebaiknya anda melakukan olahraga dengan intensitas ringan. Olahraga setelah sahur baik untuk anda lakukan untuk menjaga kebugaran tubuh.

Sebagai penuunjang, jangan lupa juga untuk tetap menjaga asupan penunjang seperti vitamin dan air mineral yang dapat membantu kebugaran tubuh serta konsentrasi selama anda menjalankan ibadah puasa.