Search

Tugas Seorang Pramugari Pada Sebuah Penerbangan

Tugas Seorang Pramugari Pada Sebuah Penerbangan

Pramugari atau pramugara adalah staff atau karyawan perusahaan penerbangan yang melayani penumpang, demi keamanan dan kenyamanan. Pramugari merupakan anggota awak pesawat, istilah pramugari digunakan untuk staff perempuan dan sebaliknya, istilah untuk staff lelaki disebut dengan pramugara. Para pramugari dan pramugara selama dalam perjalanan bersama-sama disebut dengan awak kabin, sementara para pilot di ruangan kokpit dan para teknisi memperhatikan aspek-aspek teknis penerbangan.

Walaupun terlihat mudah dan menyenangkan, tetapi tugas dari pramugari dan pramugara cukup berat. Tanggung jawab utama pramugari dan pramugara adalah keamanan penumpang dan selalu siap siaga dalam keadaan darurat. Hal ini diikuti dengan pelayanan rutin kebutuhan penumpang seperti makan, minum di dalam pesawat dan kebutuhan lainnya.

Lalu apa saja yang harus diperhatikan pada saat bertugas sebagai pramugari dan pramugara? Berikut ini adalah ulasan tugas dari pramugari dalam sebuah penerbangan:

  1. Teliti

Sebelum melakukan penerbangan, pramugari dan pramugara diharuskan memeriksa perperalatan seperti peralatan pemadam kebakaran, kotak pertolongan pertama dan tabung oksigen. Pramugari harus memastikan peralatan tersebut lengkap adanya di setiap kursi penumpang. Selain itu juga harus memeriksa ketersediaan makanan dan minuman di dalam pesawat sebelum lepas landas.

  1. Ramah

Meskipun dalam kondisi yang tidak baik sekalipun, pramugari dan pramugara harus tetap ramah dan selalu memberikan senyum kepada penumpang pesawat. Karena mereka harus tetap memberikan kesan pertama yang hangat dan ramah di hadapan para penumpang.

  1. Sabar dan tegas

Pramugari harus memiliki kesabaran yang sangat baik, karena mereka selalu dihadapkan dengan karakter penumpang yang berbeda-beda. Seringkali akan ditemui penumpang yang belum mau memasang sabuk pengaman meski pesawat akan segera lepas landas, bahkan penumpang masih mengoperasikan telepon genggam. Di sinilah ketegasan dan kesabaran dari seorang pramugari diperlukan.

  1. Koordinasi yang baik

Pramugari merupakan mata dan telinga dari pilot, karena pilot tidak dapat memeriksa keadaan dan situasi penumpang di kabin pesawat. Koordinasi dan komunikasi yang baik harus tercipta dengan baik antar awak pesawat. Misalkan ketika pesawat akan lepas landas tetapi ternyata masih ada penumpang di dalam toilet, maka pramugari harus segera mengabarkan hal tersebut, sehingga pilot dapat menundanya sebentar.

  1. Memperhatikan kenyamanan penumpang

Selama penerbangan pramugari dapat menawarkan makanan dan minuman pada para penumpang, termasuk menjawab pertanyaan dan keluhan dari penumpang. Bahkan dalam keadaan darurat pramugari harus mengarahkan dan memberikan pertolongan pertama yang diperlukan.

  1. Memastikan keselamatan dan kesehatan penumpang

Berada di ketinggian yang tidak biasa, membuat sebagian penumpang merasa mual dan pusing. Pramugari membantu dengan memberikan obat pereda sakit kepala kepada penumpang, sementara itu jika pesawat dalam keadaan tidak stabil, seperti turbulensi dan mengharuskan untuk melakukan pendaratan darurat, pramugari tidak boleh terlihat panik dan wajib menenangkan penumpang.

  1. Ucapan salam dan terima kasih kepada penumpang

Ketika pesawat akan melakukan pendaratan, pramugari harus memastikan penumpang sudah memakai sabuk pengaman. Dan kembali koordinasi dengan pilot bahwa kabin penumpang sudah siap dan aman mendarat. Tidak lupa pramugari memberikan ucapan salam dan terima kasih pada penumpang yang akan turun dari pesawat.

Setelah semua penumpang turun, pramugari melakukan pemeriksaan pada kursi dan overhead bin untuk memastikan bahwa barang-barang pribadi milik penumpang tidak ada yang tertinggal. Memberikan kesan yang baik dapat menciptakan kepercayaan terhadap maskapai penerbangan tersebut.