Search

Travel Agen Online Pada Masa Peak Season Dan Low Season

Travel Agen Online Pada Masa Peak Season Dan Low Season

Kalender merah, hari raya keagamaan, hari libur nasional, cuti bersama, liburan sekolah, apa pun jenis hari liburnya, akan merubah bandara, stasiun kereta api serta terminal bus menjadi tempat yang sesak dengan orang-orang yang berlalu-lalang untuk menikmati liburan. Hal tersebut biasa di sebut dengan nama Peak Season.

Peak Season adalah suatu musim dimana kebanyakan orang membeli tiket untuk melakukan perjalanan liburan. Biasanya Peak Season ini terjadi menjelang liburan sekolah, libur nasional pada long weekend, dan pada hari-hari Ramadhan menjelang Lebaran atau Idul Fitri. Dan berlangsung hingga beberapa hari setelahnya. Periode berlakunya Peak Season ditentukan oleh pihak maskapai penerbangan itu sendiri. Setiap maskapai penerbangan memberlakukan Peak Season sesuai dengan rute yang mereka miliki. Biasanya rute yang menjadi pilihan para calon penumpang adalah pada daerah-daerah wisata. Namun jika Peak Season terjadi pada waktu menjelang Lebaran, maka hampir semua rute penerbangan menjadi tujuan para penumpang.

Peak Season menjadi masa panen bagi maskapai penerbangan dan bagi anda yang memiliki bisnis tiket online. Karena harga tiket yang di jual adalah harga tiket yang sudah mengalami kenaikan harga. Karena biasanya meskipun harga tiket yang ditawarkan melambung tinggi, penumpang akan tetap membelinya untuk bisa berkumpul dengan keluarga mereka di kampung halaman.

Selain itu masih ada masa-masa libur lainnya, seperti: Hari Natal, pergantian tahun dan Imlek. Dan pada tahun 2017 ini tergolong unik karena libur lebaran dan libur sekolah hampir bersamaan. Mayoritas di Indonesia memiliki Peak Season dari bulan Mei hingga Agustus, ketika musim kemarau, karena pada musim ini perjalanan wisata tidak akan terganggu oleh hujan. Terkadang cuaca juga mempengaruhi besar kecilnya jumlah wisatawan dan penumpang yang memakai jasa maskapai penerbangan.

Selain itu juga terdapat Low Season, pada musim ini penjualan tiket menurun karena pada waktu-waktu tersebut tidak terdapat long weekend atau libur sekolah, dan libur nasional. Low Season adalah periode dimana permintaan tiket untuk bepergian ke suatu tempat sangat rendah, lebih sepi dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya. Pada periode ini pelaku bisnis travel agen dituntut untuk lebih kreatif dalam menciptakan promo-promo agar konsumen tertarik untuk membeli tiket dan menggunakan jasa travel agen yang dimiliki.

Persaingan bagi pebisnis travel online pada saat Low Season memang lebih ketat karena jumlah konsumen/penumpang menurun. Pada masa ini diperlukan strategi dan kerja keras untuk meningkatkan penjualan tiket online. Bahkan beberapa travel agen online dan maskapai penerbangan saling berlomba menurunkan harga jual untuk mendapatkan konsumen/penumpang.
Anda bisa memanfaatkan Low Season dengan memberikan penawaran harga tiket lebih murah atau terjangkau ketika Low Season datang. Dengan memberikan syarat pada konsumen untuk memesan tiket jauh hari sebelum hari keberangkatan. Jika anda bisa mendapatkan konsumen dalam jumlah banyak, anda selaku pelaku bisnis travel agen online akan mendapatkan harga yang lebih murah dari maskapai penerbangan.