Search

Tradisi Unik Dari Sabang, Aceh – Festival Khanduri Laot 2018

Tradisi Unik Dari Sabang, Aceh – Festival Khanduri Laot 2018

Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara, Festival Khanduri Laot akan digelar pada tanggal 27 April – 1 Mei 2018 di Terminal CT 3 Sabang. Festival tersebut diselenggarakan atas kerjasama antara Pemerintah Kota Sabang dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kegiatan bertaraf internasional ini bertujuan untuk mempromosikan Wisata Bahari Sabang ke mata dunia dengan menampilkan budaya dan adat yang selama ini dijalankan oleh orang pesisir.

Khanduri adalah istilah Aceh yang diterjemahkan sebagai perayaan atau pesta, sementara Laot mempunyai arti Laut. Dengan demikian, Khanduri Laot sendiri merupakan ungkapan syukur kepada Tuhan atas semua ikan yang telah diberikan oleh laut kepada mereka. Selama Khanduri Laot nelayan dilarang berangkat ke laut selama tiga hari penuh. Awalnya Khanduri Laot mempunyai ritual dengan melempar kepala banteng ke laut. Namun karena dianggap tidak pantas menurut ajaran Islam, kemudian ritual melempar kepala banteng ke laut dihilangkan.

Dalam festival ini akan akan diperlihatkan kehidupan sehari-hari para nelayan di laut, ada yang mencari ikan dengan menjaring, menombak, hingga memancing ikan. Selain itu juga akan digelar Khanduri Laot di pinggir pantai. Karena selama ini Khanduri Laot di kalangan nelayan merupakan hal yang lazim sebagai wujud syukur atas rezeki yang dilimpahkan oleh Allah SWT. Beberapa agenda yang akan diadakan di Festival Khanduri Laot 2018 ini antara lain: Atraksi adat melaut, Festival kuliner khas Aceh, Pentas pesona budaya tradisi pesisir, Khanduri untuk aulia keramat 44 dan anak yatim, dialog panglima laot, dan pameran produk kreativitas daerah pesisir.

Selain memperkenalkan keindahan laut pada wisatawan, Sabang juga ingin menjadikan atraksi adat dan budaya dikenal oleh wisatawan. Karena daya tarik Sabang itu terletak pada keindahan alam dan atraksi budaya. Ke depannya Festival Khanduri Laot akan dijadikan agenda tahunan oleh pemerintah Sabang.

Dalam Festival Khanduri Laot pemerintah Sabang juga akan mengadakan sejumlah acara menarik, termasuk Sabang Marine Festival, yang menampilkan yacht dari berbagai negara, dan festival kopi untuk lebih memperkenalkan Kopi Aceh yang legendaris kepada dunia.

Tertarik untuk ikut menyaksikan festival ini? Catat tanggalnya dan segera pesan tiket pesawat melalui travel agen terpercaya.