Search

Tips Wawancara Paspor Agar Cepat Diterima

Tips Wawancara Paspor Agar Cepat Diterima

Paspor merupakan suatu bentuk surat atau dokumen resmi yang dikeluarkan oleh suatu negara kepada warga negaranya untuk kepentingan bepergian ke luar negeri. Nah, saat pembuatan paspor, dibutuhkan beberapa tes-tes yang sedikit sulit bagi yang baru membuatnya. Banyak Tips wawancara paspor yang membantu agar tak menyulitkan saat melakukan serangkaian tes. Paspor sendiri akan sangat berguna dan dibutuhkan saat kamu sedang bepergian ke luar negeri.

Tentunya, tips-tips wawancara sangat berguna untuk membantu berlogika. Namun ternyata, ada banyak pertanyaan yang diberikan oleh petugas di luar perkiraan yang sudah direncanakan. Jika ingin berlangsung lancar, sekiranya kamu harus memiliki persiapan-persiapan pertanyaan yang hampir mendekati dengan pertanyaan yang akan ditanyakan oleh petugas. Simaklah, beberapa pertanyaan yang biasanya ditanyakan oleh petugas!

Masih sekolah atau sudah bekerja?
Pertanyaan umum yang sering ditanyakan oleh petugas-petugas ketika melihat postur tubuh kamu. Masih sekolah atau sudah bekerja? Sangat simple, tetapi pertanyaan yang akan menentukan kamu bisa menjawab pertanyaan selanjutnya atau tidak.

Apakah memiliki tabungan?
Rekening atau tabungan di bank sangatlah penting untuk kamu jika ingin bepergian untuk mengurus pembuatan Visa, dan yang lainnya.

Bagaimana kesehatan tubuh?
Kesehatan tubuh atau kebaikan/keadaan tubuh, sering ditanyakan oleh petugas imigrasi. Ketika ingin bepergian ke luar negeri, kamu haruslah memiliki kondisi tubuh yang seimbang dan sehat seratus persen. Selain memudahkan menjawab pertanyaan petugas, tips wawancara paspor juga membuat kamu mulai dari sekarang bisa menjaga kondisi tubuh.

Memiliki kerabat atau teman di negara tujuan?
Jika kamu tidak memiliki keluarga atau teman di negara tujuan, maka kamu tidak perlu menjawab atau tidak menyebutkan identitas keluarga kamu. Keluarga dan temanmu merupakan satu bahan pertimbangan yang sangat penting bagi petugas imigrasi, jika ada keluargamu yang memiliki catatan baik atau buruk di negara tujuanmu, hal itu bisa mempengaruhi proses pembuatan paspormu.

Ke mana tujuanmu?
Tips wawancara paspor memang sangat dibutuhkan, loh! Buktinya, ada beberapa pertanyaan yang benar-benar ditanyakan oleh petugas Imigrasi, contohnya pertanyaan ini. Petugas akan bertanya, kemana kamu akan pergi? Kalau kamu belum memiliki jawaban atau tak tahu harus ke mana, jawablah kalau kamu belum memiliki tujuan perjalanan. Kamu membuat paspor untuk berjaga-jaga suatu saat nanti.

Tetapi, jika sudah bisa menjawab semua pertanyaan tersebut tapi permohonan paspormu ditolak. Wah karena apa ya? Bacalah pernyataan di bawah ini!

  1. Penampilan kurang rapi
    Penampilan yang selayaknya untuk berfoto, untuk lelaki dianjurkan mengenakan kemeja atau kaos berkerah. Sedangkan untuk wanita, tidak diperkenankan memakai pakaian terbuka.
  2. Dokumen tidak lengkap
    Dokumen yang lengkap adalah kewajiban yang harus kamu penuhi. Jika dokumen kamu belum lengkap, maka lengkapilah terlebih dahulu. Coba dicek, apakah dokumen kamu meliputi berkas-berkas yang berupa KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran atau Ijazah bisa juga Surat Nikah. Sedangkan kalau untuk anak-anak yang diperlukan hanya Akta Kelahiran dan KTP orang tua. Selain mendaftar dengan datang ke kantor, bisa juga loh daftar melalui online yang berkasmu hanya discan dan diunggah di tempat yang disediakan.
  3. Data berbeda
    Contohnya, nama kamu di Akta dan di KTP tak sama, bisa menyulitkan kamu dalam proses pembuatan paspor loh. Nah, tips wawancara paspor ini, solusi terbaik kamu perlu minta surat keterangan pada pemerintah setempat kalau dua nama adalah satu orang.
  4. Terlambat
    Membuat paspor, memakan waktu yang banyak. Selain itu, kamu diwajibkan datang tepat waktu walaupun mengantri. Datang sesuai dengan tanggal dan jam yang telah diberikan. Kalau saat pengumpulan berkas kamu mendaftar online, kamu harus datang pagi sekali karena kantor hanya menyediakan 50 orang untuk pelamar online.

Bagaimana, sudah membaca tips wawancara paspor di atas? Jika ingin bepergian ke luar negeri, kamu wajib ya membuat Paspor dan Visa.

Selamat berlibur!