Search

Tips Untuk Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat Terbang

Tips Untuk Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat Terbang

Ada berbagai macam ketakutan yang dimiliki oleh orang. Ada yang takut ketinggian, takut gelap, takut ruangan sempit, dan bahkan ada yang takut bepergian dengan menggunakan pesawat terbang. Sebenarnya ketakutan itu sendiri berasal dari konsep pikiran tentang hal tersebut. Rasa takut yang berlebihan terhadap sesuatu hal dapat menghambat kehidupan anda. Karena itu, ketakutan sebaiknya diatasi.

Bagaimana jika anda sendiri yang merasa takut untuk naik pesawat terbang? Takut terbang adalah ketakutan yang paling umum, hampir semua orang mengalami rasa takut untuk terbang meskipun sudah berkali-kali terbang dengan menggunakan pesawat. Kecemasan sering mendatangi penumpang ketika pintu pesawat telah ditutup dan bersiap untuk take off. Jantung seperti tidak berada di tempatnya dan nafas anda menjadi kembang kempis karena cemas dan rasa takut yang berlebihan. Seperti ketika anda menaiki permainan roller coaster, perasaan anda bercampur aduk. Rasa takut tersebut memang wajar, karena pemberitaan tentang pesawat terbang yang hilang kontak atau jatuh, bahkan mungkin pernah mendapat kabar ada kerabat atau teman yang menjadi korban kecelakaan pesawat beberapa tahun silam.

Bahkan ketakutan naik pesawat juga dialami oleh seorang aktris terkenal Kristen Dunst. Wanita cantik yang terkenal dalam film Spiderman ini pun memiliki Aerophobia (ketakutan naik pesawat terbang), sebagai seorang selebriti yang mempunyai jadwal padat yang sering dituntut oleh waktu, Kristen Dunst memiliki cara untuk mengatasi ketakutannya tersebut dengan menggunakan headphone khusus yang mampu meredam kebisingan suara pesawat terbang.

Ada beberapa tips untuk mengatasi rasa takut anda terhadap rasa takut saat menggunakan pesawat terbang sebagai berikut:

  1. Anggap sebagai kebiasaan

Sebaiknya anda berkata pada diri anda sendiri, bahwa naik pesawat terbang merupakan hal yang biasa, bukan hal yang berbahaya. Dan ketika waktu liburan telah tiba, sebaiknya anda lebih sering menggunakan pesawat ke daerah tujuan wisata untuk membiasakan diri dan mengurangi rasa takut secara perlahan.

  1. Atur pernapasan saat terbang

Jangan menyepelekan kekuatan pernapasan anda. Jika anda mengalami ketakutan di udara, sebaiknya anda mencoba melatih pernapasan anda agar lebih tenang serta untuk meredakan rasa panik. Hindari pikiran-pikiran negatif, lebih baik anda membayangkan hal-hal indah tentang daerah tujuan yang akan anda kunjungi atau moment-moment bahagia anda. Hal tersebut akan membantu mengurangi rasa ketakutan anda.

  1. Edukasi diri sendiri

Pengetahuan adalah kekuatan, untuk mengurangi rasa takut anda bila naik pesawat. Pelajari soal pesawat dan pola penerbangannya. Dengan begitu ketakutan anda akan berkurang terhadap moda transportasi udara, pesawat.

  1. Kenali rasa panik

Salah satu hal terburuk adalah menghindari rasa takut yang ada terhadap sesuatu hal yang tidak dapat dihindari. Lebih cepat menerima rasa panik, maka lebih cepat bagi anda untuk melawannya.

  1. Mendengarkan musik

Dengan mendengarkan lagu-lagu kesukaan akan membuat anda merasa lebih rileks selama penerbangan berlangsung. Rasa panik akan berkurang dengan musik.

Perhatikan sekeliling anda jika anda merasa takut, fokus pada pramugari dan penumpang di sekitar anda, atau apa pun yang bisa membuat anda merasa nyaman. Menghilangkan rasa takut naik pesawat memang tidak instan, tapi bukan berarti anda tidak bisa mengontrolnya bukan? Semoga tips-tips di atas dapat membantu anda dalam mengontrol rasa takut selama penerbangan berlangsung.