Search

Tips Untuk Mencegah Mabuk Kendaraan Selama Perjalanan

Mabuk dalam perjalanan disebabkan oleh banyak faktor, seperti pengemudi yang ugal-ugalan, jalanan yang berlubang, mesin kendaraan yang kasar, kapal yang dihantam ombak, pesawat terbang yang melintasi awan, atau daya tahan tubuh anda yang sedang tidak fit. Faktor-faktor tersebut memberikan guncangan pada tubuh, jika hal ini terjadi secara terus-menerus maka kemungkinan tubuh anda tidak dapat menahannya, dan akibatnya akan membuat anda mabuk dan menjadikan perjalanan mudik tidak nyaman.

Jika anda adalah orang yang termasuk sering mengalami mabuk kendaraan, anda perlu membaca tips berikut ini:

  1. Posisi duduk

Jika anda naik kapal laut, pilihlah kabin tengah agar anda merasa nyaman. Ambil posisi duduk ke depan atau atau duduk di bagian luar kapal sembari melihat pemandangan. Jika anda mudik menggunakan bus, usahakan agar anda duduk menghadap ke depan dan berada di belakang supir atau di samping jendela. Jika anda menggunakan kereta api, pilih tempat duduk yang dekat dengan jendela dan satu arah ke depan.

  1. Sarapan

Yang terpenting anda harus sarapan dahulu sebelum melakukan perjalanan jauh. Jangan biarkan perut anda kosong, karena akan memproduksi asam lambung yang berlebihan, tapi juga jangan terlalu banyak makan. Karena hal tersebut akan menyebabkan rasa mual pada perut anda. Makanlah secukupnya, tidak terlalu banyak, juga tidak terlalu sedikit.

  1. Makanan pilihan

Hindari makanan yang berlemak, produk susu atau juice yang memiliki rasa asam. Dianjurkan untuk meminum teh hangat atau jahe hangat, karena dapat mencegah rasa mual.

  1. Jangan membaca buku atau bermain gadget

Jika anda berpikir membaca buku dan bermain gadget dapat menghindari rasa mual dan pusing dalam perjalanan, itu salah. Karena justru jika anda membaca buku dan bermain gadget, hal tersebut akan membuat anda mudah merasa mual, membaca buku dalam perjalanan dengan kondisi jalan yang tidak stabil seperti jalanan berlubang, akan menjadikan sakit kepala.

  1. Cukup udara

Pastikan anda mendapatkan udara yang cukup selama perjalanan mudik di dalam kendaraan. Udara pengap dan bau yang bercampur aduk dalam kendaraan juga bisa menjadi pemicu mabuk perjalanan. Pilih tempat duduk yang dekat dengan jendela, pemandangan selama perjalanan akan mengurangi rasa mual anda.

  1. Tidur

Dengan tidur selama perjalanan akan mengurangi rasa mual dan sakit kepala anda. Posisikan tubuh dalam keadaan rileks baik itu duduk atau berbaring. Jika perlu, bawalah bantal kecil travelling yang nyaman agar perjalanan lebih nyaman.

  1. Minum obat anti mabuk

Ini adalah salah satu cara yang paling ampuh, namun anda akan mengantuk sepanjang perjalanan. Jika anda melakukan perjalanan sendirian dengan menggunakan transportasi umum, sebaiknya hindari untuk mengkonsumsinya, karena bila anda membawa barang-barang berharga, anda bisa menjadi sasaran bagi para pencopet.

Di atas adalah beberapa tips untuk menghindari mabuk perjalanan yang bisa jadi referensi anda jika ingin melakukan sebuah perjalanan. Semoga perjalanan anda menyenangkan tanpa mabuk kendaraan.