Search

Tips-Tips Dalam Meningkatkan Layanan Pada Pelanggan

Tips-Tips Dalam Meningkatkan Layanan Pada Pelanggan
Pelayanan yang baik, memberikan dampak yang baik juga bagi anda sebagai pelaku bisnis. Pelanggan diibaratkan sebagai raja, dan pelayanan yang baik wajib untuk dilakukan. Istilah pelanggan adalah raja sudah tidak asing lagi di telinga para pelaku bisnis. Kondisi itulah yang secara tidak langsung mendorong para pelaku bisnis agar semakin lebih kreatif dan inovatif dalam merebut hati para pelanggannya. Sebab, jika pelaku bisnis lengah terhadap persaingan yang ada, maka tidak menutup kemungkinan jika para pelanggan akan berpaling pada perusahaan lain yang menawarkan pelayanan lebih menarik. Pelanggan yang loyal adalah hasil dari jerih payah pelayanan yang anda berikan pada pelanggan sebagai pelaku bisnis, maka semakin banyak pelanggan dan konsumen yang semakin loyal. Jika anda memberikan pelayanan terbaik anda, maka otomatis bisnis anda akan menjadi lebih baik. Karena jika pelayanan terhadap pelanggan kurang diperhatikan atau di respon, terkadang enggan datang kembali. Lalu hal penting apa sajakah yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan pelanggan? Berikut beberapa tips dalam meningkatkan layanan pada pelanggan yang perlu anda ketahui:
  1. Meningkatkan layanan pada pelanggan dengan memperkuat customer skill
  Lakukan survey pada pelanggan dan konsumen anda tentang pelayanan yang sudah diberikan, untuk mengetahui kemampuan anda apakah anda sudah memberikan layanan terbaik dengan customer skill yang anda miliki atau belum. Kemudian anda dapat memperbaiki bila menemukan kekurangan dalam customer skill anda dan meningkatkan layanan yang anda berikan pada pelanggan.
  1. Konsistensi dalam memberikan layanan pada pelanggan
Selain meningkatkan layanan yang anda pada konsumen dan pelanggan, sebagai pelaku bisnis anda harus tetap memberikan layanan yang sama dan di lakukan secara konsisten pada pelanggan.
  1. Tingkatkan interaksi pelanggan
Mendengarkan masalah yang disampaikan pelanggan tentang produk yang di beli dari anda, memahami permasalah mereka serta memecahkan masalah tersebut. Akui kesalahan anda jika kesalahan tersebut berasal dari bisnis anda. Dan lakukan follow up setelah masalah terselesaikan. Mengirimkan email atau survey feedback jadi cara tepat untuk mengetahui jika pelanggan masih akan tetap membeli produk dari bisnis anda.
  1. Memperkuat layanan secara personal pada pelanggan
Bersikap personal, karena pelanggana anda ingin merasa memiliki akses berbicara dengan orang yang sebenarnya, bukan mesin. Tawarkan lebih dari sekedar respon email otomatis. Maanfaatkan media sosial utuk berinteraksi langsung dengan pelanggan.
  1. Tawarkan support pelanggan 24 jam
Sediakan layanan pelanggan melalui telepon 24 jam, ketika pelanggan membutuhkan bantuan dari anda, mereka dapat menghubungi anda melalui telepon. Dengan begitu pelanggan akan merasa puas dan merasa diperhatikan.
  1. Kemampuan komunikasi yang jelas
Pastikan anda mengetahui masalah yang dihadapi oleh pelanggan dengan cepat, pelanggan tidak butuh cerita atau mendengar hari-hari yang mereka lalui. Yang penting anda harus berhati-hati tentang bagaimana kebiasaan yang komunikasi anda diterjemahkan oleh pelanggan. Ketika berbicara tentang poin penting anda perlu sampaikan dengan jelas pada pelanggan, lakukan dengan cara sederhana dan kalimat yang jelas serta mudah dipahami oleh pelanggan anda. Meningkatkan layanan pelanggan memang tidak bisa dilakukan dengan cepat. Pastikan proses dalam menigkatkan layanan tersebut juga menjadi pembelajaran bagi anda untuk memahami karakter pelanggan.