Search

Tips Solo Traveling ke Malang untuk Pemula

Tips Solo Traveling ke Malang untuk Pemula

Biasanya kegiatan traveling dilakukan bersama keluarga, teman ataupun pacar, bukan seorang diri. Namun belakangan ini makin banyak terlihat seseorang yang melakukan traveling seorang diri, atau istilah kerennya sekarang disebut solo traveling.

Ada berbagai alasan mengapa seseorang memilih untuk melakukan traveling seorang diri atau solo traveling. Mungkin karena ingin menyendiri, melakukan hal-hal yang disenanginya tanpa diganggu atau bahkan untuk menghabiskan waktu liburan yang tertunda.

Banyak sekali tempat wisata di Indonesia yang dapat dikunjungi oleh wisatawan solo traveling, salah satunya solo traveling ke Malang. Kota yang terletak di Jawa Timur ini memang memiliki tempat wisata yang yang cocok untuk traveling seorang diri dan sayang jika dilewatkan, seperti lokasi wisata air, alam pegunungan, bahkan museum.

Solo traveling atau perjalanan yang dilakukan seorang diri pasti memerlukan persiapan yang lebih baik. Karena hanya dilakukan seorang diri, maka tidak ada teman yang bisa membantu dan biasanya seseorang yang bepergian seorang diri hanya mengandalkan ponsel pintar untuk menuju tempat tujuan atau bertanya orang lain. Namun jika sudah mengetahui karakteristik lokasi yang akan dituju semuanya terasa sangat mudah untuk dilakukan.

Ada beberapa tips yang perlu disiapkan oleh solo traveling ke Malang, terlebih dengan biaya yang terjangkau.

  1. Cari tiket promo
    Pertama yang harus dilakukan adalah mencari tiket promo yang dilakukan jauh-jauh hari. Untuk tiket promo sendiri hindari membeli tiket keberangkatan hari libur karena harga tersebut pasti akan tinggi.
  2. Penginapan nyaman, bersih, dan harga terjangkau
    Kedua, mencari tempat penginapan yang nyaman dan bersih. Tempat penginapan yang sering diperlukan oleh para solo traveler tidak harus mewah yang terpenting harga terjangkau, nyaman dan bersih dengan fasilitas yang memadai.
  3. Transportasi atau kendaraan
    Ketiga, mengenai kendaraan yang digunakan solo traveler bisa menggunakan kendaraan umum atau menyewa kendaraan. Sepeda motor sering menjadi pilihan tepat untuk menyusuri jalanan pedesaan sambil menikmati pemandangan gunung-gunung yang mengapit Malang dan sekitarnya dengan biaya Rp 60.000 per harinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
  4. Wisata tujuan yang murah tetapi menyenangkan
    Keempat, carilah tempat wisata yang murah atau bahkan bisa jadi gratis. Seperti mengunjungi Alun-alun kota dengan biaya masuk gratis dilanjutkan ke Kampung Warna-warni Jodipan dengan biaya masuk Rp 3000. Selain itu juga dapat mengunjungi Museum Angkut, Wisata Coban (air terjun) hingga pantainya.
  5. Kuliner murah tapi lezat
    Kelima, untuk kebutuhan makan solo traveler dapat memilih makan di kaki lima dengan banyak varian. Kaki lima juga menyediakan makanan Khas Malang yang rasanya tidak kalah enak dengan rumah makan mahal. Sebelum kembali ke kota asal pasti akan membeli oleh-oleh terlebih dahulu. Solo traveler juga dapat melakukan hal itu, dengan membelinya di pasar tradisional dengan harga yang dapat ditawar atau disesuaikan dengan kantong.

Solo Traveling ke Malang memang sangat menyenangkan, terlebih untuk mereka yang mencari ketenangan dan ingin menyendiri. Solo traveler dapat menghabiskan waktunya dengan dirinya sendiri di tempat baru dan suasana baru.

Dengan melakukan traveling biasanya seseorang berharap dapat menghilangkan segala lelah dan letih karena pekerjaan, karena berlibur secara ampuh dapat meredakan stress dan tekanan secara fisik maupun psikologis. Sedangkan melakukan perjalanan seorang diri memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh dan kejiwaan. Pertama, menumbuhkan kesadaran dalam diri sendiri mengenai hal-hal yang ada dalam hidupnya. Kedua, menghilangkan depresi karena menurut penelitian berlibur seorang diri dapat meningkatkan hormon bahagia dalam tubuh. Ketiga, dapat menambah jaringan baru atau teman baru atau bahkan relasi untuk suatu pekerjaan. Keempat, waktu untuk introspeksi diri sendiri dengan apa yang selama ini sudah dilakukan.

Dengan segala manfaat yang dipaparkan pada bagian sebelumnya, bepergian seorang diri memang baik untuk kesehatan diri dan jiwa. Solo Traveling ke Malang bisa menjadi salah satu pilihan untuk destinasi selanjutnya bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu seorang diri. Namun, jangan lupa untuk selalu menjaga diri ketika di perjalanan, ya!

Happy traveling.