Search

Tips Nyaman Menggunakan Pesawat Pada Masa Kehamilan

Traveling merupakan sebuah kegiatan yang menyenangkan, banyak orang yang mengatakan bahwa traveling dapat menyegarkan suasana hati dan pikiran dari padatnya rutinitas sehari-hari. Apalagi bagi anda sebagai wanita bekerja. Setiap hari akan disibukkan oleh rutinitas kegiatan yang menjenuhkan. Traveling dengan pesawat terbang sangat digemari oleh sebagian orang, selain nyaman, moda transportasi udara ini juga tergolong cepat dan tidak memakan waktu lama. Lalu bagaimana jika kondisi anda sedang mengandung buah hati? Amankah melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat?

Ada beberapa ibu hamil yang bisa melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat, sepanjang kehamilan sama sekali tidak memiliki resiko besar dan gangguan selama kehamilan. Tapi biasanya kondisi ini hanya dialami oleh ibu hamil yang memiliki kondisi kesehatan yang bugar selama masa kehamilan. Namun bagaimana jika anda harus tetap pergi menggunakan pesawat karena keadaan darurat dan tidak bisa ditunda lagi?

Berikut adalah tips agar anda tetap nyaman bepergian dengan menggunakan pesawat meskipun dalam keadaan hamil:

  1. Ketika anda memesan tiket pesawat, pilih tempat duduk yang dekat dengan toilet. Anda mungkin akan sering membutuhkan toilet jika penerbangan memerlukan waktu lebih dari dua jam. Pastikan anda nyaman ketika harus berjalan dari tempat duduk menuju toilet dan sebaliknya.
  2. Pilih tempat duduk yang dekat dengan sayap pesawat, bagian ini akan membuat tubuh anda nyaman dan tidak tertekan ketika pesawat merubah ketinggian. Selain itu sirkulasi udara di tempat ini juga aman bagi ibu hamil dan janin.
  3. Buat kondisi tubuh anda selama penerbangan. Kehamilan sering menimbulkan resiko seperti kaki kram, varises dan kaki bengkak saat hamil. Anda bisa membawa alas untuk tempat tumit kaki sehingga kaki anda lurus dan tidak mudah lelah.
  4. Pakailah sabuk pengaman dengan posisi yang nyaman untuk perut jika anda masuk ke trimester kedua dan ketiga. Mintalah saran pada awak kabin untuk mendapatkan posisi tempat duduk yang nyaman bagi anda dan janin.
  5. Jika anda melakukan penerbangan dengan waktu lebih dari dua atau tiga jam, maka atur waktu untuk berjalan-jalan sebentar di dalam pesawat. Namun jangan sampai mengganggu penumpang yang lainnya.
  6. Minum air dalam jumlah yang cukup, hal ini untuk menghindari dehidrasi karena tekanan udara yang berubah-ubah selama penerbangan. Hindari makanan yang dapat memicu sakit perut.
  7. Hindari konsumsi kopi, teh atau minuman lain yang dapat memicu ginjal anda bekerja cepat sehingga terasa sering buang air kecil.
  8. Jika anda terasa sesak nafas ketika pesawat mencapai ketinggian tertentu, maka gunakan masker oksigen yang sudah disediakan. Jangan malu untuk menggunakannya, karena ini penting bagi anda dan janin anda.
  9. Pakailah pakaian yang nyaman dan hindari pakaian yang ketat selama perjalanan.
  10. Sebaiknya pakailah sepatu yang nyaman dan hindari sepatu high heels karena akan membuat kaki anda bengkak dan tidak nyaman.

Semoga tips di atas dapat membantu anda selama perjalanan ketika dalam keadaan hamil dengan menggunakan pesawat terbang.