Search

Tips Naik Kereta Api Eksekutif Sendirian untuk Pertama Kali

Tips Naik Kereta Api Eksekutif Sendirian untuk Pertama Kali

Moda transportasi kereta api memiliki beberapa tipe kelas yang bisa kamu pilih. Semakin tinggi kelas kereta api tersebut, harganya pun semakin mahal. Seperti tipe kelas ekonomi, bisnis, dan yang paling tinggi adalah tipe kelas eksekutif. Nah bagi kamu yang baru pertama kali menaiki kereta api eksekutif, ada beberapa tips naik kereta api eksekutif yang bisa kamu coba.

  1. Memesan tiket kereta api eksekutif
    Hal ini merupakan tips naik kereta api eksekutif yang paling penting. Karena sekarang ini semua pemesanan tiket kereta api tak terkecuali kelas eksekutif dilakukan secara online, maka kamu bisa mengunjungi website atau aplikasi pemesanan tiket kereta api. Banyak sekali situs yang menawarkan tiket kereta api secara online dengan harga dan kelengkapan rute yang berbeda-beda. Seperti situs resmi PT. KAI atau yang lainnya. Belum lagi adanya promo menarik yang sering diadakan. Maka kamu sebagai calon penumpang pun pasti jadi semakin semangat.
  2. Pemberlakuan prosedur check in
    Untuk pertama kalinya, mungkin keberapa di antara kamu pasti bingung dalam hal sistem menaiki kereta api. Bukan hanya untuk tips naik kereta api eksekutif, karena semua kelas juga memberlakukan hal yang sama. Setelah kamu memesan dan melakukan pembayaran tiket secara online, maka yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah dengan menyimpan kode booking yang dikirim melalui email yang kamu daftarkan. Karena kamu perlu menggunakan kode booking ini ketika akan check in untuk memperoleh boarding pass.
    Setelah itu, yang harus kamu lakukan adalah mendatangi mesin check in baik CTM maupun mandiri yang tersedia di stasiun. Caranya adalah masukkan kode booking pada kolom yang tersedia, lalu cetak boarding pass kamu.
  3. Simpan baik-baik boarding pass kamu
    Setelah semuanya selesai, maka simpan baik-baik boarding pass yang di antanya berisi nama, tanggal pemberangkatan, serta nomor perjalanan kamu. Tips naik kereta api eksekutif ini gak ribet kok. Karena sebelum masuk peron, kamu tinggal menunjukkan boarding pass sekaligus kartu identitas kamu kepada petugas. Jadi jangan lupa untuk membawa kartu identitas kamu ya. Selanjutnya petugas akan menscan boarding pass apakah sudah cocok dengan kartu identitas kamu.
    Jangan lupa tetap simpan baik-baik boarding pass kamu sambil menunggu waktu keberangkatan. Karena di dalam kereta api, petugas akan kembali menanyakan boarding pass dan kartu identitas kamu sambil berkeliling. Dan yang tak kalah penting, tanyakan dari sebelah mana pemberangkatan kereta api yang akan kamu naiki supaya kamu bisa bersiap-siap saat kereta api datang. Karena kamu pergi sendirian, jaga dengan baik barang bawaanmu dan letakkan pada tempat yang sudah ditentukan. Kamu tinggal menunggu kereta api eksekutif akan mengantarmu ke tempat tujuan.
  4. Siapkan jaket yang lebih tebal
    Meskipun semua tipe kereta api menggunakan fasilitas AC, namun inilah yang membedakan antara kelas eksekutif dengan yang lainnya. Sebab AC di kelas eksekutif jauh lebih dingin dibanding kelas yang lain. Maka agar tidak kedinginan, siapkan jaket yang lebih tebal pada tips naik kereta api eksekutif kali ini. Selain fasilitas AC, kereta api eksekutif juga dilengkapi dengan sarana hiburan berupa tayangan video maupun audio yang akan menemani perjalanan kamu. Bahkan enaknya lagi, kamu bisa memesan makanan atau minuman yang disediakan di dalam kereta api eksekutif.
  5. Atur sandaran kursi senyaman mungkin
    Karena tipe kelas eksekutif ini termasuk premium dan mahal, maka soal kenyamanannya pun tak perlu diragukan lagi. Selain kursinya empuk, formasi tempat duduknya pun hanya 2-2. Bahkan, sandaran kursinya pun bisa kamu atur sendiri apakah mau tegak atau posisi miring. Dan yang tak kalah penting, ruang kaki yang relatif lebar menjadikan kamu lebih leluasa tanpa khawatir kaki kesemutan.

Nah itulah beberapa tips naik kereta api eksekutif untuk pertama kalinya bagi kamu yang pergi sendirian dan bingung karena tidak ada teman selama perjalanan, semoga bermanfaat.