Search

Tips Menyusun Konten Marketing Yang Mampu Meningkatkan Penjualan

Tips Menyusun Konten Marketing Yang Mampu Meningkatkan Penjualan
Membuat konten secara berkala dapat membantu anda melancarkan strategi marketing di internet karena konten tersebut nantinya akan muncul pada search engine. Seperti membuat marketing plan konvensional, membuat sosial media dan blog/website marketing plan bukanlah hal yang mudah. Dengan berjalannya waktu, perubahan pencarian dan jejaring sosial akan terus terjadi satu hal yang harus anda tahu adalah konten akan menjadi hal yang penting dalam strategi marketing agar tercapai target penjualan. Untuk memastikan marketing plan anda sukses, anda harus membuat target pencapaian yang matang. Target pencapaian atau goal tersebut membantu anda menentukan sikap dan strategi jika pemasaran melalui media sosial dan website anda tidak sesuai dengan target pasar. Karena volume konten yang masuk dalam internet sangatlah berlimpah ruah mulai dari artikel di blog/website, media sosial, email, newsletter, video, dan lain-lain. Berikut adalah tips sederhana yang dapat digunakan untuk berbagai jenis konten baik melalui blog/website, sosial media dan lain sebagainya:
  1. Memahami tujuan dari konten
Tujuan dari konten bukan hanya untuk mendatangkan pengunjung, tapi lebih dari itu. Karena konten di buat juga bertujuan untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen dan meningkatkan penjualan serta mampu bersaing di pasaran.
  1. Mengenali audiens atau target pasar
Gunakan google search atau mesin pencarian untuk mengetahui hal yang sedang trend di pasaran atau informasi yang paling banyak dicari oleh audiens. Karena sebelum membeli sesuatu biasanya banyak orang yang mecari informasinya terlebih dahulu melalui internet agar tahu mana yang terbaik untuk dibeli serta agar tidak salah dalam memilih produk. Maka anda harus menyediakan konten yang dapat menarik minat konsumen untuk mengunjunginya namun konten tersebut tetap memiliki hubungan dengan produk yang anda jual.
  1. Buat perencanaan dan pemetaan konten
Dalam tahap perencanaan konten yang harus anda lakukan adalah membuat pemetaan ide konten ke dalam masing-masing tipenya untuk tiap konsumen. Seperti dengan membuat konten pengenalan yang bisa dinikmati oleh banyak orang, meskipun sekarang mereka sedang tidak ingin membeli tiket liburan akan tetapi mereka bisa datang lagi mengunjungi konten yang telah anda buat ketika mereka telah merencanakan waktu untuk berlibur.
  1. Memahami strategi pembuatan konten
Setelah anda membuat perencaan konten, sekarang saatnya untuk melakukan eksekusi. Konten penjualan akan berdampak langsung pada tingkat penjualan. Untuk itu anda perlu membuat konten dengan kualitas tinggi dengan menunjukkan kelebihan-kelebihan yang produk yang anda jual.
  1. Distribusi konten
Pastikan anda memiliki konten yang sangat berkualitas dan bermanfaat bagi pengunjung dan konsumen yang mengunjungi sosial media dan blog dari bisnis online anda. Promosikan konten tersebut dengan tanpa merusak reputasi bisnis online anda. Dengan cara tidak membuat spam. Sebarkan konten tersebut dengan kata-kata yang bisa menarik pengunjung seperti: “Jangan sampai ketinggalan, penawaran dengan harga terbaik akan segera di tutup”. Dengan begitu pengunjung akan mempertimbangkan untuk membeli produk tersebut.