Search

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Selama Bulan Ramadhan

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Selama Bulan Ramadhan

Menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadhan bukan menjadi alasan bagi anda untuk bermalas-malasan dan menjadi mudah sakit. Untuk itu anda perlu menjaga kesehatan tubuh agar ibadah puasa tetap berjalan dengan lancar. Banyak cara untuk menjaga kesehatan tubuh yang bisa anda lakukan sambil menjalankan ibadah puasa. Dengan tidak meninggalkan kebiasaan sehat seperti yang biasa anda lakukan di bulan-bulan lainnya.

Selama berpuasa tubuh tidak mendapatkan asupan makanan selama kurang lebih 13 jam. Karena itu penting bagi anda untuk memperhatikan pola makan dan istirahat agar bisa menjalankan puasa dengan baik.

Berikut beberapa tips untuk menjaga kesehatan tubuh selama Bulan Ramadhan:

  1. Olah Raga Ringan

Berolahraga ringan secara teratur merupakan langkah tepat agar sistem tubuh tetap terjaga dengan baik. Jika anda hanya bermalas-malasan saja selama bulan puasa, justru penyakit lebih mudah menyerang dan terasa lebih lemas. Seperti: jogging atau treadmill ringan, jogging di pagi hari memungkinkan kita tidak merasa terlalu lelah karena masih banyak energi yang tersimpan setelah makan sahur. Lakukan jogging selama 20 – 30 menit untuk menjaga kebugaran tubuh. Selain jogging, anda juga dapat bersepeda dan dapat dilakukan pada pagi hari setelah subuh atau sore hari menjelang buka puasa. Lakukan kurang lebih selama 45 menit untuk tetap menjaga kebugaran tubuh.

  1. Jangan Pernah Tinggalkan Sahur

Saat menjalankan puasa, kita tidak mendapatkan asupan gizi selama 13 jam. Untuk itu supaya tubuh kita dapat menjalankan fungsi dengan baik. Untuk itu sebaiknya pilih menu sahur dengan makanan yang berserat dan berprotein tinggi dan tidak lupa didampingi dengan minuman suplemen multivitamin setelah makan sahur akan membantu memberikan nutrisi dalam tubuh secara optimal selama menjalankan ibadah puasa.

  1. Kurangi Konsumsi Teh, Kopi, dan Minuman Bersoda

Kekurangan cairan tubuh dapat menyebabkan tubuh anda menjadi lemas dan kurang konsentrasi selama berpuasa. Sebaiknya cukupi kebutuhan cairan saat sahur dan berbuka agar tubuh terhindar dari dehidrasi dengan perbanyak minum air mineral. Hindari minum kopi dan soda karena bisa membuat anda sulit tidur dan akan menimbun banyak lemak.

  1. Istirahat Yang Cukup

Tidur malam merupakan hal yang perlu anda cermati selama menjaga kesehatan di Bulan Ramadhan. Tidur malam yang baik diperlukan untuk dapat memastikan keseimbangan tubuh anda untuk kesibukan di hari berikutnya. Tidur secukupnya, jika anda kurang tidur pada malam hari. Anda dapat menggunakan waktu untuk tidur sebentar pada pagi hari setelah sahur atau siang hari.

  1. Hindari Konsumsi Makanan Berminyak

Makanan berminyak dapat membuat sel darah merah menggumpal, sehingga menyebabkan aliran oksigen berkurang hingga 20 persen. Akibanya anda akan mengantuk pada siang hari.