Search

Tips Menghemat Pengeluaran Selama Lebaran

Lebaran adalah waktu yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga. Mereka yang biasanya bekerja di luar kampung halaman akan melakukan tradisi mudik demi berkumpul bersama keluarga. Mereka tidak akan melewatkan waktu yang berharga untuk berkumpul bersama keluarga besar serta teman-teman lamanya. Dan sebelum melakukan mudik, perlu menyiapkan dana untuk membeli tiket mudik, oleh-oleh dan sebagainya. Anda dapat mengatur keuangan yang akan di pakai untuk mudik dengan cara menabung sebelum mudik.

Daftar pengeluaran akan berderet, berkaitan dengan mudik lebaran. Meskipun ada THR, namun bagi sebagian orang kurang mencukupi untuk keperluan mudik. Jika pada lebaran tahun sebelumnya anda mengalami kekurangan, sebaiknya tahun ini anda mepertimbangkan untuk tidak membeli barang-barang yang sebenarnya tidak begitu anda butuhkan.

Transportasi adalah salah satu hal penting yang perlu diperhatikan. Pada saat menjelang lebaran, harga tiket transportasi akan naik secara drastis yang tentunya akan membutuhkan biaya ekstra demi mendapatkan tiket tersebut.

Namun ada beberapa tips bagi anda yang ingin tetap menghemat pengeluaran:

  1. Menahan Diri

Lebaran adalah moment spesial bagi anda untuk bersilaturahmi dan berbagi kebahagiaan bersama keluarga serta teman. Anda tidak perlu memaksakan diri untuk membeli baju baru untuk lebaran dengan harga mahal dan membawa oleh-oleh dengan jumlah yang terlalu banyak. Hindari tindakan konsumtif anda dengan cara menghambur-hamburkan uang. Karena terlalu mengikuti kata hati bisa menjadi sebuah bumerang bagi anda. Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya anda bisa menahan diri, misalkan jika anda melihat harga diskon, anda berkeinginan untuk membeli barang-barang tersebut, serta dapat menyebabkan kerugian dalam keuangan anda. Bila di rasa tidak perlu membeli barang tersebut, tidak usah membelinya.

  1. Membuat Anggaran Pengeluaran

Anda perlu menghitung anggaran pengeluaran secara rinci, untuk menghindari resiko uang habis setelah lebaran. Perencanaan ini bisa anda lakukan pada saat awal bulan Ramadhan atau pada pertengahan bulan Ramadhan. Anggaran tersebut dibuat mulai dari harga tiket transportasi yang akan anda gunakan, oleh-oleh yang akan dibeli, dan lain sebagainya dengan mencantumkan budget yang akan digunakan agar tidak melebihi dari perkiraan dana yang sudah ditentukan. Pencatatan pengeluaran dengan rinci bisa membantu anda menghindari uang cepat habis. Usahakan anda masih tetap mempunyai dana cadangan, sehingga jika diperlukan untuk hal-hal mendesak, anda masih bisa menggunakan dana cadangan tersebut.

3. Jangan Berhutang

Keperluan yang banyak dan simpanan yang terbatas kadang membuat orang memilih jalan untuk berhutang. Seandainya apabila dana anda terbatas dan kampung halaman anda jauh serta memerlukan dana yang besar, akan lebih baik bila anda menunda untuk mudik hingga tahun depan. Karena dengan berhutang justru malah akan menjadi beban di kemudian hari.