Search

Tips Menghemat Biaya Barang di Bagasi Pesawat

Tips Menghemat Biaya Barang di Bagasi Pesawat

Kini kebanyakan maskapai penerbangan telah menghapus fasilitas bagasi gratis, yang membuat penumpang harus membayar biaya barang bagasi jika bawaannya melebihi berat tujuh kilogram. Bahkan pihak maskapai mematok harga yang cukup tinggi untuk fasilitas bagasi lebih tersebut. Jika ingin memperoleh ruang bagasi yang lebih besar, penumpang harus membayar lebih untuk barang bawaan mereka. Walaupun sebenarnya aturan ini sudah berlaku sejak lama di negara-negara lain, tentu kamu tidak mau menghabiskan biaya terlalu banyak untuk tarif tambahan tersebut, bukan?

Kalau tidak mau mengeluarkan biaya yang terlalu banyak, kamu harus membatasi barang bawaan. Siapapun tahu, semakin berat barangmu maka semakin mahal juga tarif bagasimu. Hal tersebut menuntut kita agar bijak saat packing.

Kamu bingung cara mengatasi barang di bagasi pesawat yang berlebihan? Tenang, berikut ini tips-tips bagi kamu yang mau mengurangi atau bahkan menghindari biaya bagasi.

  1. Perhatikan bahan pakaian
    Pakaian memiliki bahan-bahan yang beragam, mulai dari katun, sutra, wol, nilon, chiffon, dan lainnya. Pilihlah pakaian-pakaian yang berbahan tipis dan ringan. Sebisa mungkin hindari membawa pakaian berbahan jeans terlalu banyak. Jika tujuan destinasi merupakan daerah dengan suhu dingin, kamu dapat langsung memakai jaket alih-alih memasukkannya ke dalam tas atau koper. Atau bisa diakali dengan membawa satu buah pakaian hangat seperti sweater dan sisanya pakaian biasa.
  2. Susun pakaian
    Kamu bisa menggulung pakaian daripada menyusun dengan cara melipatnya. Selain lebih hemat tempat, tentu saja bebannya juga berkurang. Kamu dapat mempelajari cara menggulung pakaian dengan benar dari berbagai sumber seperti Youtube. Dengan begitu barang di bagasi pesawat tidak akan terlalu berat. Jika menggulung pakaian terlalu repot, gunakanlah tas kompresi vakum. Dengan begitu, bawaanmu akan menjadi lebih simple dan praktis.
  3. Bawa sedikit sepatu
    Beberapa sepatu memiliki bobot yang berat bahkan bisa mencapai lebih dari setengah kilogram. Untuk itu, sebaiknya kamu batasi membawa sepatu terlalu banyak. Kamu juga bisa langsung memakai sepatu yang paling berat lalu masukkan sepatu yang ringan atau sandal ke dalam tasmu.
  4. Jangan bawa peralatan mandi dan batasi kosmetik
    Untuk memperingan barang di bagasi pesawat, perhatikan juga barang yang tidak perlu kamu bawa. Misalnya, jika sesampainya nanti kamu menginap di hotel, tidak usah bawa peralatan mandi dari rumah karena pihak hotel pasti sudah menyiapkan fasilitas tersebut. Selain itu, usahakan jangan membawa terlalu banyak kosmetik, bawalah yang berukuran kecil seperti kemasan sampel dan juga bisa diisi ulang. Jangan lupa, tinggalkan perhiasan serta aksesoris yang tidak perlu.
  5. Bawa tas atau koper ringan
    Yang paling penting, jangan bawa tas atau koper berat untuk mengemas barang-barangmu. Gunakan koper dengan berat ringan atau tas dengan ruang luas namun berbahan tipis serta memiliki banyak kantong tambahan.
  6. Timbang berat barang bawaan
    Setelah tips-tips di atas, kamu masih khawatir barang di bagasi pesawat tetap melebihi standar berat barang? Kamu dapat menimbang tas atau kopermu sebelum berangkat agar nantinya tidak usah repot mengatur barang lagi di bandara. Tak jarang ada orang yang membuang bawaannya setiba di bandara karena melebihi standar berat bagasi. Yakinkan barang bawaanmu tidak lebih dari tujuh kilogram daripada menyesal nantinya.

Jika kamu sudah mengikuti semua tips tersebut, dijamin bawaan kamu tidak akan kelebihan. Alhasil, kamu tidak perlu khawatir untuk membayar tarif bagasi lagi.

Sekian cara menghemat biaya barang di bagasi pesawat. Selamat mencoba, travelers.