Search

Tips Menaikkan Harga Tanpa Takut Ditinggalkan Konsumen

Tips Menaikkan Harga Tanpa Takut Ditinggalkan Konsumen
Semua orang pasti akan merasa resah jika harga barang atau jasa mengalami kenaikan. Tetapi bukan hanya konsumen saja yang merasa resah dengan kenaikan harga barang atau jasa. Menaikkan harga produk atau jasa juga menjadi sebuah dilema bagi para pelaku bisnis. Di satu sisi ada beberapa faktor yang membuat harga barang dan jasa tersebut dinaikkan, misalkan seperti kenaikan harga bahan bakar. Namun di sisi lain pelaku bisnis juga merasa khawatir jika kenaikkan tersebut akan mengakibatkan pada turunnya daya beli konsumen terhadap produk barang atau jasa yang dijual. Jika anda tetap pada harga lama, tentu saja hal tersebut akan berakibat tidak baik pada bisnis yang anda jalankan. Selain keuntungan yang anda dapat sedikit, dan tentu saja ada hal yang tidak dapat anda hindari jika usaha anda mengalami goncangan yang berat. Untuk mengatasi hal ini, apa saja yang perlu di lakukan jika harga harus naik? Berikut beberapa tips dalam menaikkan harga yang bisa anda terapkan tanpa takut kehilangan konsumen:
  1. Sosialisasi Harga Pada Konsumen
Yang perlu anda lakukan pertama kali sebelum anda menaikkan harga adalah konsumen harus tahu dengan rencana anda ini agar nanti ketika anda sudah menetapkan rencana anda dalam menaikkan harga, konsumen tidak merasa kecewa. Apalagi mereka sudah setia dengan bisnis anda selama bertahun-tahun. Beritahukan rencana anda ini jauh-jauh hari sebelum anda merealisasikannya. Anda bisa menggunakan sosial media sebagai sarana untuk menyebarkan berita ini kepada masyarakat dan bisa juga memasang banner pada tempat usaha anda agar konsumen dapat melihatnya langsung. Dengan ini maka konsumen tidak akan merasa kecewa dengan keputusan anda.
  1. Terbuka Pada Konsumen
Dengan mengungkapkan kepada konsumen secara jujur apa yang membuat anda menaikkan harga, maka konsumen akan memahami keadaan bisnis anda. Dengan sikap terbuka pada konsumen, maka mereka akan percaya dan tetap setia pada bisnis anda.
  1. Memberikan Bonus
Dengan cara memberikan bonus kepada konsumen, maka konsumen tidak akan merasa terbebani dengan kenaikkan harga tersebut. Mereka akan tetap senang membeli produk atau jasa yang anda jual karena merasa diuntungkan dengan mendapatkan bonus. Pada umumnya konsumen akan suka ketika mendapatkan hadiah atau bonus karena mereka merasa diperhatikan para pelaku bisnis.
  1. Bundling
Bundling merupakan sebuah strategi pemasaran dengan menawarkan produk dengan paket dan harga tertentu. Seperti dengan membeli paket tour honeymoon, satu paket dengan mendapatkan pelayanan spa. Anda bisa menerapkan pada bisnis yang anda jalankan. Strategi seperti ini akan memberikan kesan kepada konsumen.
  1. Menaikkan Mutu Dan Layanan
Menaikkan mutu produk dan layanan menjadi lebih baik akan menciptakan kesan pada konsumen bahwa mereka tidak sia-sia membayar dengan harga lebih karena apa yang mereka dapatkan sepadan dengan apa yang telah mereka bayarkan. Semoga tips di atas dapat bermanfaat bagi anda yang berencana untuk menaikkan harga baik barang atau pun jasa yang anda jual.