Search

Tips Memulai dan Mengembangkan Usaha Kecil

Tips Memulai dan Mengembangkan Usaha Kecil

Hampir setiap hari ada banyak bisnis baru yang bermunculan, baik usaha kecil maupun usaha berskala besar. Usaha kecil yang dimaksud di sini adalah usaha yang membutuhkan modal kecil dan mempunyai resiko kecil juga. Biasanya usaha kecil yang juga disebut sebagai usaha sampingan ini tidak membutuhkan banyak modal dan bisa dikerjakan dari rumah. Dianggap sebagai usaha sampingan karena pada awalnya dikerjakan sebagai tambahan penghasilan selain dari pekerjaan utama sebagai karyawan atau pengawai kantoran.

Namun usaha kecil yang berjalan sebagai usaha sampingan tidak menutup kemungkinan akan menjelma menjadi usaha besar. Untuk itu sebagai pelaku usaha, anda harus tetap menjalankan usaha kecil anda dengan baik agar dapat berkembang menjadi besar dengan tidak mengesampingkan pekerjaan utama anda.

Tidak ada usaha yang bisa sukses dan besar tanpa tekad, kerja keras, pengorbanan dan doa. Untuk itu simak tips di bawah untuk memulai dan mengembangkan usaha kecil:

  1. Memilih Peluang Usaha Yang Akan Dijalankan

Bergerak dalam sektor usaha kecil hendaknya didasarkan pada hal atau hobi yang disukai. Segala hal jika dikerjakan dengan sepenuh hati akan membuahkan hasil yang maksimal. Peluang usaha bisa dilihat dari hal yang disukai, kemampuan, minat dan bakat. Anda dapat mengerjakan hobi dan hal yang anda sukai menjadi sebuah peluang usaha yang dapat menghasilkan. Contohnya, jika anda mempunyai hobi travelling anda dapat memanfaatkan hobi tersebut untuk membuka usaha tour dan travel. Usaha ini cukup menguntungkan karena masyarakat sekarang banyak beralih gaya hidupnya menjadi pecinta travelling.

  1. Fokus, Kerja Keras dan Pantang Menyerah

Usaha kecil sebaiknya dikerjakan dengan fokus, hindari untuk berganti-ganti bidang usaha pada awal anda menjalankan bisnis. Dengan begitu seluk beluk usaha yang dirintis bisa dipelajari dari waktu ke waktu dan anda bisa memperbaikinya setiap saat jika terjadi suatu kesalahan. Setiap usaha memerlukan perencanaan yang matang, fokus, kerja keras serta fokus pada bidang usaha anda tersebut.

  1. Penguasaan Dan Pengembangan Skill

Skill adalah keahlian yang menjadi modal utama yang harus dimiliki jika menjalankan sebuah usaha. Pelaku usaha kecil merupakan penggerak sekaligus marketer bagi usahanya sendiri. Pelaku usaha harus tahu seluk beluk usaha yang dijalankannya baik berupa pengetahuan maupun keterampilan dalam mengelola usaha kecil.

  1. Menghargai Waktu

Dalam menjalankan sebuah usaha, hendaknya tetap mempertimbangkan efektifitas waktu yang disesuaikan dengan nilai ekonomis dari segala sesuatu yang dikerjakan.

  1. Pengelolaan Keuangan

Segala bentuk pendapatan dan pengeluaran usaha dari berbagai transaksi sebaiknya dicatat secara tertulis dan terpisah dari keuangan pribadi. Hal ini bertujuan untuk memantau keuangan usaha sehingga akan tahu jelas berapa besar aset usaha yang dimiliki oleh anda, berapa besar keuntungan yang didapatkan dan perkembangan usaha yang dijalankan dari awal hingga pada periode tertentu.