Search

Tips Memilih Mitra Usaha Dalam Berbisnis

Tips Memilih Mitra Usaha Dalam Berbisnis
Memilih usaha baru adalah tanggung jawab besar pada awalnya. Karena dalam menjalankan sebuah bisnis, selain menyiapkan modal, memiliki niat yang besar, mengatur sistem, mempersiapkan produk yang akan dijual, dan menyusun rencana usaha yang matang. Memilih mitra usaha yang tepat juga merupakan kunci penting yang menentukan kesuksesan suatu bisnis. Mitra usaha juga merupakan tempat untuk saling bertukar pikiran secara bersama-sama untuk mengembangkan usaha yang dijalankan. Memilih mitra bisnis bukan merupakan hal yang mudah, layaknya seperti memilih pasangan hidup yang akan anda nikahi. Karena mitra bisnis ini juga cukup menentukan keberhasilan suatu usaha yang anda kelola. Anda harus dapat mendiskusikan baik rencana usaha maupun tantangan-tantangan usaha yang akan anda hadapi. Perlu diingat bahwa pilihan anda akan sangat mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan bisnis anda. Lantas apa yang perlu diperhatikan dalam memilih mitra bisnis yang tepat? Berikut adalah tips dalam memilih mitra usaha yang tepat sebelum anda memulai usaha atau bekerja sama dengan pihak lain:
  • Memilih mitra usaha yang saling melengkapi
Maksud dan tujuan untuk bekerja sama dengan mitra usaha adalah agar bisnis yang dijalankan dapat semakin berkembang dan meningkatkan penjualan. Untuk itu anda perlu mencari mitra usaha yang berpengalaman dalam bidang pemasaran dan penjualan produk. Sehingga kombinasi anda dan mitra usaha akan menjadikan bisnis tersebut berjalan sesuai dengan rencana dan tujuan anda.
  • Memiliki nilai-nilai yang sama dalam berbisnis
Hal ini cukup penting untuk mengetahui mitra bisnis anda mempunyai nilai-nilai sama yang dijunjung tinggi bukan bekerja sama dengan mitra yang menghalalkan segala cara demi mendapatkan sebuah kesuksesan. Karena hal itu akan berakibat buruk pada bisnis anda.
  • Mencari mitra yang kredibel
Menjalankan bisnis merupakan suatu proyek jangka panjang, sehingga anda harus benar-benar memilih mitra yang tepat agar bisnis anda dapat bertahan dalam jangka panjang. Selain melihat dari kemampuan yang di miliki anda juga harus melihat rekam jejak untuk memastikan bahwa calon mitra anda adalah pihak yang kredibel. Pastikan bahwa ia memang bersungguh-sungguh dalam menjalankan bisnis.
  • Membuat perjanjian kemitraan
Setelah memilih mitra usaha yang tepat, anda juga perlu membuat perjanjian kemitraan yang tepat pula. Hal itu untuk menghindari konflik yang bisa saja terjadi di kemudian hari. Sehingga akan berguna untuk menjaga hubungan bisnis anda dengan mitra usaha untuk dapat menyelesaikan konflik dengan baik. Semakin jelas perjanjian yang dibuat, maka anda dan mitra usaha akan mempunyai gambaran yang jelas mengenai bagaimana bisnis tersebut akan dijalankan.
  • Menjaga kode etik
Selain perjanjian yang telah di tulis, hal lain yang tidak boleh dilupakan adalah menjaga etika dalam bekerja sama. Etika tersebut memang tidak tertulis, tetapi sangat penting untuk menjaganya demi kelangsungan bisnis dengan mitra usaha anda. Bila anda dan mitra usaha saling menjunjung tinggi etika dalam berbisnis maka akan tercipta hubungan yang saling percaya sehingga lebih mudah dalam menjalankan bisnis. Mendapatkan mitra yang sesuai memang tidak mudah, namun sebaiknya pilih dengan cermat agar dapat menjalankan bisnis dengan baik. Dan hal lain yang perlu di ingat adalah anda harus dapat menjaga komitmen kemitraan dengan mitra usaha anda, sehingga akan mudah dalam menarik orang atau badan usaha menjadi mitra usaha anda.