Search

Tips Membagi Waktu Dalam Mengelola Bisnis Sampingan

Tips Membagi Waktu Dalam Mengelola Bisnis Sampingan
Kebutuhan hidup terus meningkat setiap harinya, tetapi gaji sebagai pekerja tidak ikut naik alias mempunyai nominal yang tetap. Keadaan tersebut mendorong orang untuk melakukan bisnis sampingan demi meraup dana tambahan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Banyak pekerja kantoran dengan gaji tetap setiap bulan mendapatkan penghasilan tambahan dari pekerjaan lain. Menjadi pekerja kantoran tidak lantas membuat mereka kehilangan akal untuk mencari tambahan penghasilan. Selain untuk mendapatkan penghasilan tambahan, ada juga yang mempunyai bisnis sampingan karena merupakan sebuah hobi. Membangun bisnis online sebagai penghasilan sampingan itu berbeda jika anda sebagai fulltime entrepreneur, bisnis anda akan tumbuh relatif lambat jika dibandingkan menjadi fulltime entrepreneur karena lebih fokus dalam menjalankan usaha. Tetapi banyak orang juga yang menemukan kesuksesan melalui bisnis sampingan. Dan bila bisnis sampingan yang dilakukan menghasilkan pendapatan yang lebih besar, mereka pun tak jarang yang kemudian meninggalkan pekerjaan tetapnya untuk lebih serius mengerjakan bisnis sampingan mereka. Bisnis sampingan banyak ragamnya, mulai dari penulis lepas untuk koran atau majalah, membuka katering dan pesanan kue, hingga bisnis online lainnya. Dengan berbagai macam bisnis sampingan yang ada, jangan sampai mengganggu pekerjaan yang sudah menjadi rutinitas wajib sebagai pekerja kantoran. Meskipun anda bekerja sebagai pekerja kantoran, anda tetap memiliki waktu bebas sepulang bekerja dan akhir pekan. Anda bisa menggunakan waktu tersebut untuk membangun bisnis anda. Berikut adalah tips mengatur waktu bagi anda yang bekerja dan mempunyai bisnis sampingan:
  1. Membuat Jadwal dan Tujuan Bisnis
Memiliki bisnis sampingan berarti anda akan lebih sibuk dari biasanya. Anda tidak boleh kehilangan fokus dan menghiraukan kewajiban kantor. Karena terlalu fokus pada bisnis yang anda geluti. Untuk itu buatlah jadwal yang mengatur waktu antara menyelesaikan tugas kantor dengan bisnis sampingan. Bisnis sampingan dapat dilakukan pada sore atau malam hari setelah bekerja dan pada akhir pekan. Catat juga tujuan kerja kantoran dan bisnis sampingan anda agar tidak kehilangan fokus dalam menciptakan kesuksesan pada kedua hal itu.
  1. Mencicil Pekerjaan
Ketika anda memiliki waktu luang, maka sebaiknya digunakan untuk mencicil pekerjaan agar pekerjaan yang seharusnya dikerjakan keesokan harinya bisa menjadi lebih ringan. Dan hal tersebut dapat memberikan keuntungan bagi anda, dengan kewajiban pekerjaan anda sudah diselesaikan sebagian, maka anda memiliki waktu lebih untuk fokus pada bisnis sampingan anda.
  1. Hindari Menunda Pekerjaan
Anda pasti akan merasakan bosan dan kelelahan, apalagi memiliki dua pekerjaan sekaligus. Dan liburan bisa menjadi pilihan untuk menyegarkan kembali otak anda, dengan demikian anda juga perlu menunda pekerjaan demi menambah waktu untuk liburan. Menunda waktu pekerjaan menjadi pemicu tidak selesainya kewajiban kerja anda sebagai pekerja kantoran. Sebagai orang yang memiliki dua pekerjaan, anda harus mampu mengatur waktu antara pekerjaan utama dan bisnis sampingan anda. Kerja keras, motivasi dan passion menjadi peranan penting dalam menjalankan bisnis sampingan anda sehari-hari. Meskipun banyak waktu yang akan dikorbankan, namun hal tersebut layak untuk dijalankan. Jika anda tetap konsisten terhadap bisnis sampingan anda, maka besar kemungkinan bisnis tersebut bisa lebih menjanjikan dibandingkan dengan pekerjaan tetap anda.