Search

Tips Ketika Menginap Di Hotel Pertama Kali

Tips Ketika Menginap Di Hotel Pertama Kali

Hotel menjadi salah satu tempat yang dituju bagi mereka yang melakukan perjalanan jauh dan membutuhkan tempat untuk menginap sementara waktu. Selain sebagai tempat untuk beristirahat, hotel juga menjadi alasan seseorang untuk pergi berlibur ke daerah wisata. Bagi sebagian orang, memilih hotell untuk ditinggali sementara waktu hanya melihat dari harganya saja. Mereka tidak melihat dari kondisi, fasilitas hingga pelayanan hotel yang tersedia.

Berikut adalah beberapa tips yang mungkin dapat bermanfaat bagi anda yang baru pertama kali menginap di hotel. Antara lain:

  1. Waktu Check In Dan Check Out Beserta Detail Hotel

Pastikan kembali anda ingat kapan waktu untuk check in dan check out dari kamar hotel yang akan anda tempati. Jika anda melakukan reservasi hotel secara online, pada voucher tersebut mengenai informasi hotel, dari nama hotel, alamat, nomor telepon hotel, juga waktu check in dan check out hotel. Rata-rata waktu untuk check in dimulai dari pukul 14.00 WIB, namun beberapa hotel memiliki kebijaksanaan lain. Jangan sungkan untuk bertanya pada resepsionis hotel jika anda ingin check in hotel lebih awal. Sedangkan waktu untuk check out dari hotel biasanya pada pukul 12.00 WIB. Mengenai adanya early check in atau late check out biasanya ditentukan oleh low season atau peak season.

  1. Barang Bawaan

Bawalah barang bawaan secukupnya, salah satu fasilitas hotel adalah membawakan barang bawaan tamu. Namun tidak jarang terkadang pihak hotel lupa atau malas sehingga tidak memperdulikan barang-barang bawaan anda. Ada pihak hotel yang mengantarkan anda hingga kamar, namun ada juga pihak hotel yang hanya memberi petunjuk jalan untuk menuju kamar hotel yang akan anda tempati.

  1. Yang Dilakukan Pada Saat Check In

Pada saat check in biasanya resepsionis akan menanyakan nama pemesan kamar, dan juga kartu identitas untuk di-scan atau difotokopi. Identitas tersebut digunakan untuk pendataan identitas tamu yang menginap di hotel yang juga sebagai bukti jika identitas tamu sama dengan yang tertera di voucher pemesanan. Kunci kamar akan diberikan ketika verifikasi check in kamar sudah selesai. Lebih baik anda membawa uang cash sebelum check in kamar hotel, karena sebagian hotel meminta deposit berupa sejumlah uang sebagai jaminan yang bisa anda ambil ketika check out. Bisa juga dengan menggunakan karu kredit atau debit.

  1. Kunci Kamar

Saat check in, biasanya pihak hotel memberikan 2 kunci, jangan sampai kunci tersebut hilang. Nomor hotel yang anda tempati juga tertera pada kunci kamar tersebut. Key card kotak yang anda pegang tersebut, selain sebagai kunci kamar juga dapat digunakan untuk menyalakan listrik. Letakan di kotak sebelah pintu kamar yang bertuliskan insert card for power, maka sensor akan merespon secara otomatis dan aliran listrik akan terhubung sehingga lampu dan AC otomatis akan menyala.

  1. Pintu Kamar Hotel

Di pintu kamar hotel biasanya terdapat lubang kecil. Lubang kecil tersebut berguna bagi tamu hotel untuk bisa mengetahui siapa yang berada di balik pintu, seperti orang yang mengetuk pintu kamar anda, anda bisa mengetahui melalui lubang kecil tersebut. Namun anda perlu waspada terhadap lubang pintu kamar hotel tersebut. Karena ada oknum yang menggunakan lubang pintu kamar hotel untuk memasukkan kamera ke dalam lubang intip, sehingga aktifitas di dalam kamar dapat terekam kamera. Tidak ada salahnya untuk tetap waspada dengan menutup lubang di pintu kamar hotel dengan kertas dan tempelkan ke pintu. Periksa kembali lubang kamar hotel tempat anda menginap, jika menemukan kejanggalan sebaiknya laporkan ke pihak hotel.