Search

Tips Jika Terjadi Turbulensi Di Dalam Pesawat

Bagi anda yang pernah bepergian dengan menggunakan pesawat terbang, tentu pernah merasakan yang namanya turbulensi bukan? Turbulensi atau goncangan pada pesawat adalah salah satu hal yang yang ditakuti oleh penumpang pesawat. Sebenarnya turbulensi adalah hal yang biasa terjadi di dunia penerbangan. Turbulensi adalah keadaan yang tidak stabil dengan pergerakan acak menarik komponen yang dipengaruhinya ke arah tertentu dan kemudian melepaskannya secara tiba-tiba hingga menimbulkan goncangan.

Turbulensi terjadi tidak hanya karena cuaca buruk, bahkan saat cuaca cerah pun turbulensi dapat terjadi. Bagi penumpang pesawat, turbulensi cukup menakutkan dan membuat panik. Jika guncangan yang terjadi cukup keras, tentu semua penumpang pesawat yang berada di dalamnya akan merasa takut dan cemas.

Perhatikan tips-tips berikut ini ketika terjadi turbulensi pesawat:

  1. Kenakan Sabuk Pengaman

Ini merupakan salah satu hal yang penting, selalu gunakan sabuk pengaman meskipun tanda kenakan sabuk pengaman akan dimatikan di ketinggian yang stabil. Tapi ada baiknya anda tetap menggunakan sabuk pengaman sepanjang perjalanan. Dengarkan juga instruksi dari pramugari dan pramugara. Jika sabuk pengaman telah dinyalakan, jangan bepergian ke toilet. Karena bisa saja anda akan mengalami benturan dalam perjalanan ke toilet maupun saat di dalam toilet.

  1. Jauhkan Diri Dari Benda Berbahaya

Jika terjadi turbulensi dengan guncangan yang cukup kuat, guncangan tersebut dapat menyebabkan banyak benda yang terjatuh ke arah anda. Rapikan meja lipat yang ada di depan kursi tempat duduk anda, dan jika anda memesan makanan di dalam pesawat, segera habiskan makanan tersebut dan buang sampah yang dititipkan ke pramugari. Jadi jika terjadi turbulensi, anda dapat tetap terlindungi dari bahaya benda yang mungkin akan berjatuhan menimpa anda.

  1. Minum Air Yang Cukup

Udara yang kering di dalam pesawat, dapat membuat sakit kepala dan badan menjadi kurang fit. Agar kuat menghadapi turbulensi ringan dalam pesawat, jangan lupa untuk minum air putih yang cukup agar tidak dehidrasi.

  1. Kontrol Nafas Anda

Jika terjadi turbulensi, jangan panik. Tetap diam ditempat duduk anda, sambil mengatur pernafasan. Lemaskan seluruh otot anda, jangan sampai terlalu tegang. Jika masih tidak bisa, coba pejamkan mata anda untuk mengalihkan perhatian.

  1. Makan Permen

Permen dipercaya dapat membantu anda untuk menghilangkan rasa gugup yang berlebihan serta rasa sakit dikepala.