Search

Tips Digital Marketing Bisnis Jasa Tour Dan Travel

Tips Digital Marketing Bisnis Jasa Tour Dan Travel

Era digital sekarang ini memberikan peluang bagi siapa pun yang mempunyai sebuah bisnis untuk menggunakan fasilitas dari gadget dan jaringan internet untuk melakukan promosi atau berjualan secara online. Pasar bebas yang ada di dunia sekarang ini memaksa anda sebagai pelaku usaha untuk terus belajar dalam mengembangkan bisnis secara lebih luas lagi. Pemasaran bisnis melalui internet merupakan salah satu cara untuk memperluas jangkauan pasar.

Meski begitu, pemasaran bisnis melalui internet bukan hanya sekedar melakukan promosi dan pemasaran secara online. Dibutuhkan pendekatan baru dan pemahaman berbeda terhadap perilaku konsumen. Perlakuan produk antara barang dan jasa tidak bisa disamakan. Wujud berupa barang bisa dirasakan terlebih dahulu oleh konsumen, sedangkan jasa harus dibeli dahulu untuk dapat mengetahui kualitasnya.

Untuk itu anda perlu memperhatikan tips digital marketing untuk bisnis jasa tour dan travel berikut ini:

  1. Selalu Menyediakan Kejelasan

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan memberikan informasi sejelas mungkin kepada konsumen tentang layanan jasa yang anda jual. Apapun layanan jasa tersebut, sebaiknya berikan seluruh informasi yang dibutuhkan oleh konsumen. Berikan informasi secara spesifik tentang jenis jasa yang anda tawarkan. Jangan sampai membuat mereka merasa bingung atau bertanya-tanya sendiri. Selain memberikan informasi secara jelas dan lengkap kepada konsumen, anda juga perlu mencantumkan beberapa pengalaman dari jasa yang telah anda lakukan sebelumnya. Dengan begitu calon konsumen anda dapat menilai kualitas layanan jasa yang anda berikan melalui hal tersebut.

  1. Tetapkan Kredibilitas

Berbeda dari bisnis barang yang produknya dapat dilihat dengan jelas, bisnis jasa mengharuskan anda untuk memasarkan sendiri layanan jasa tersebut. Tidak hanya menyuguhkan keuntungan dari produk jasa yang anda tawarkan, anda juga harus menetapkan nilai-nilai dari jasa tersebut. Penting bagi anda untuk menyediakan bukti bahwa konsumen-konsumen anda merasa puas dengan layanan jasa yang telah anda berikan. Namun anda juga harus tetap menanyakan ketersediaan konsumen anda untuk dicantumkan dalam testimoni atau portofolio anda. Jangan biarkan konsumen anda hanya berasumsi dari hasil testimoni yang dibacanya, jelaskan pengalaman konsumen pada testimoni tersebut pada situs anda.

  1. Mendominasi SEO (Search Engine Optimization)

SEO merupakan salah satu strategi marketing yang cukup efektif dan bisa anda terapkan. Strategi SEO akan dianggap berhasil apabila situs bisnis jasa anda berhasil muncul di halaman pertama search engine. Untuk itu anda perlu memperhatikan keywords atau kata kunci agar konten anda tersebut mudah dicari oleh orang banyak. Anda dapat melakukan riset melalui mesin pencari seperti google, yahoo, dan lain-lain.

  1. Mudah Dihubungi

Hal ini terdengar sepele, namun ternyata banyak situs bisnis jasa yang tidak menyediakan info nomor kontak mereka. Akibatnya banyak pengunjung situs yang menemui kesulitan untuk menghubungi perusahaan penyedia jasa tour dan travel tersebut. Ada baiknya anda mencantumkan alamat email, nomor telepon, dan fax agar mudah dihubungi oleh pengunjung situs anda. Pastikan informasi kontak yang anda cantumkan dapat terlihat dengan mudah oleh pengunjung situs bisnis anda.

  1. Selalu Lakukan Follow-Up Pada Konsumen

Mendapatkan konsumen baru memang penting, tetapi jangan membiarkan konsumen lama pergi begitu saja. Selalu lakukan follow up terhadap mereka, apakah konsumen anda sudah merasa puas dengan jasa yang telah anda berikan? Atau apakah ada hal lain yang bisa anda lakukan untuk konsumen anda? Anda cukup menelepon konsumen anda satu kali dalam seminggu untuk sekedar menanyakan kabar mereka atau memberikan informasi terbaru dari bisnis layanan jasa tour dan travel yang anda jalankan.