Search

Tips Dalam Mencari Karyawan Untuk Bisnis Startup

Tips Dalam Mencari Karyawan Untuk Bisnis Startup

Dalam membangun sebuah bisnis startup, merekrut anggota tim awal merupakan hal strategis yang dapat membantu anda dalam merealisasikan dan mengembangkan sebuah bisnis. Di sini anda dituntut untuk selalu lebih kreatif dalam menyikapi keadaan yang selalu berubah menyesuaikan pasar. Untuk itu anda perlu merekrut karyawan yang kreatif yang dapat mengikuti perubahan pasar.

Namun sayangnya mempekerjakan karyawan bukan hal yang mudah, bagi bisnis yang baru saja berkembang, terlebih bagi yang baru saja merintis atau memulai sebuah bisnis. Masalah keuangan dan lain sebagainya kerap menjadi penghambat. Lalu bagaimana tips merekrut karyawan yang tepat?

Berikut beberapa tips yang perlu anda perhatikan dalam mencari karyawan untuk bisnis startup anda:

  1. Menaksir Kemampuan Budget

Sebelum merekrut karyawan sebaiknya anda cari tahu job desk apa yang akan dilakukan karyawan anda nantinya. Anda harus dapat menaksir kemampuan finansial bisnis anda dalam menggaji karyawan, jangan sampai modal usaha anda mendapatkan dampaknya ketika anda tetap memaksakan diri untuk merekrut karyawan sedangkan budget yang dimiliki masih terhambat. Sebaiknya anda mencari karyawan yang dapat melengkapi kemampuan anda dalam bekerja, bukan mencari orang yang sama persis dengan kemampuan yang anda miliki.

  1. Mengetahui Waktu Yang Tepat Untuk Merekrut Karyawan

Ketika budget sudah anda tentukan dan bisnis yang anda rintis sudah mulai berjalan. Anda dapat memulai pencarian kandidat untuk proses seleksi karyawan. Tentukan waktu yang tepat untuk memulai proses perekrutan karyawan.

  1. Fokus Pada Portofilio Kandidat Karyawan

Pada bisnis startup, anda lebih perlu mengamati portofolio, proyek dan kemampuan dasar calon karyawan. Karena CV (Curriculum Vitae/Daftar Riwayat Hidup) bukan tolak ukur yang tepat. Sebagai contoh, ketika anda akan merekrut marketing communication officer, anda dapat melakukan tes pada calon karyawan tersebut dengan diminta untuk mengajukan ide untuk program promosi apa saja yang akan dilakukan bagi bisnis anda.

  1. Mempertahankan Karyawan

Seiring perkembangan bisnis startup anda, beberapa karyawan akan pergi meninggalkan perusahaan anda dengan berbagai alasan. Di sisi lain, pengunduran diri karyawan bisa menjadi penanda bagi anda untuk mencari yang tepat dengan posisi pekerjaan tersebut. Jika pengunduran diri terjadi pada karyawan yang mempunyai posisi penting pada bisnis startup anda, ada masalah proses bimbingan yang tidak terdeteksi. Dengan kata lain, anda perlu mendorong karyawan untuk bekerja dan berkarya dengan baik, namun dengan memberikan bonus atau imbalan yang dapat membuat karyawan tetap bertahan untuk terus bekerja pada bisnis startup anda.

  1. Perhatikan Work Life Balance Karyawan

Salah satu masalah yang dimiliki oleh para pekerja di era sekarang adalah work life balance. Mereka seolah tidak memiliki kehidupan lain di luar pekerjaan mereka. Hal ini bisa menjadi penawaran menarik. Berikan karyawan anda kesempatan untuk mengambil libur atau mengatur jam kerja mereka sendiri. Fleksibiltas ini memberikan ruang lebih bagi karyawan untuk tetap menjaga ritme produktif mereka, namun tetap harus diawasi dan anda harus tetap mengontrol karyawan anda tersebut.