Search

Tips Dalam Memilih Tempat Usaha Dengan Tepat

Tips Dalam Memilih Tempat Usaha Dengan Tepat

Cara memilih atau menentukan lokasi usaha yang strategis akan mempengaruhi kesuksesan dari bisnis yang akan dilaksanakan. Selain itu situasi dan kondisi yang tepat juga berperan penting pada produk atau jasa yang ditawarkan. Menemukan lokasi usaha yang strategis dan sesuai dengan budget tidaklah mudah. Sebelum menentukan lokasi usaha yang akan dipilih, sebaiknya disesuaikan dengan jenis atau kategori usaha apa yang akan dijalankan. Misalnya, jika usaha anda bergerak di bidang rental mobil dan motor pilihlah tempat yang berlokasi dekat dengan hotel dan penginapan yang ramai dilalui oleh para tamu yang menginap di hotel atau penginapan tersebut.

Lokasi yang strategis juga menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih suatu penyedia produk atau jasa. Berikut beberapa tips yang harus anda perhatikan dalam memilih tempat atau lokasi usaha yang tepat:

  1. Tingkat Kepadatan Penduduk Lokasi Usaha

Usahakan untuk memilih lokasi usaha dengan tingkat kepadatan penduduk yang cukup tinggi. Jika semakin tinggi jumlah kepadatan penduduk maka semakin besar juga potensi pasar sebuah usaha.

  1. Keramaian Kendaraan Yang Melewati Lokasi Usaha

Perhatikan lalu lalang, baik kendaraan ataupun pejalan kaki yang melewati lokasi usaha anda. Karena hal ini juga dapat mempengaruhi jenis usaha yang cocok dengan daerah tersebut. Sesuaikan jenis usaha anda dengan konsumen yang berlalu lalang di lokasi usaha.

  1. Tempat Usaha Mudah Terlihat

Dengan memilih tempat usaha yang mudah terlihat, maka usaha anda dapat dikenal oleh banyak orang. Hal tersebut akan membuat orang yang berlalu lalang tertarik untuk singgah dan mengenali usaha anda dan anda akan dapat menekan biaya promosi.

  1. Akses

Arus kendaraan serta akses menuju lokasi usaha juga harus dipertimbangkan. Dengan memilih lokasi yang mudah diakses, maka akan memperbesar peluang kunjungan konsumen.

  1. Dekat Dengan Konsumen

Tentukan dahulu siapa yang menjadi target pasar anda, agar tidak salah sasaran dan target pasar dapat tercapai dengan baik. Membuka usaha di lokasi yang dekat dengan konsumen akan memudahkan mereka untuk mengunjungi tempat usaha anda, terlebih mereka dapat menghemat waktu dan biaya.

  1. Pilih Lokasi Usaha Yang Tingkat Persaingannya Rendah

Jika di lokasi tersebut sudah banyak usaha yang sejenis. Sebaiknya dihindari, tapi jika anda yakin karena lokasinya strategis, anda harus siap untuk bersaing dengan menciptakan dan mempunyai ciri khas tersendiri yang dapat membedakan usaha anda dengan usaha lain yang sejenis.

  1. Memperhatikan Keamanan Lokasi Usaha

Lokasi usaha yang aman akan membuat konsumen merasa nyaman, mereka tidak akan ragu untuk meninggalkan kendaraan di tempat parkir dan bisa menikmati pelayanan usaha anda tanpa rasa cemas. Dengan lingkungan yang aman, anda dapat mengurangi resiko pencurian, ataupun perusakan yang bisa saja terjadi pada lingkungan yang kurang aman.

  1. Sewa Tempat

Hal yang wajar jika lokasi yang strategis mematok harga tinggi. Ini yang harus anda perhatikan. Anda harus membuat kalkulasi yang cermat sebelum memutuskan untuk menyewa tempat tersebut.

  1. Perijinan

Jangan pernah mengabaikan masalah legalitas usaha, karena hal ini dapat mengakibatkan resiko yang besar bagi usaha anda. Jangan sampai usaha anda sudah berjalan namun harus menghadapi masalah perijinan.