Search

Tips Cerdas Menggunakan Twitter Sebagai Media Promosi Bisnis Online

Tips Cerdas Menggunakan Twitter Sebagai Media Promosi Bisnis Online

Apakah anda mempunyai bisnis online atau menjual produk secara online? Maka internet marketing harus menjadi bagian dari rencana bisnis anda.

Setelah mengetahui cara menggunakan Facebook sebagai media untuk pemasaran produk anda, kali ini kita akan berbagi tips menggunakan Twitter untuk promosi bisnis anda. Twitter merupakan salah satu jenis media sosial yang mempunyai konten terbatas, hanya 140 karakter.

Bagi sebuah bisnis, media sosial merupakan sebuah keharusan untuk mempromosikan produk atau jasa yang dijual. Juga merupakan sebagai media untuk berinteraksi dengan konsumen mengenai produk yang anda jual, menerima opini dan kritik untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan anda terhadap konsumen. Sampai sekarang Twitter masih menjadi salah satu media sosial favorit yang digunakan untuk mempromosikan produk.

Sebelum membahas Twitter lebih lanjut, ada beberapa hal yang harus anda ketahui beberapa istilah umum yang biasa digunakan dalam media sosial ini:

  • Twitter : Status atau pesan teks yang mempunyai panjang maksimal 140 karakter.
  • Retweet (RT) : Re-sharing atau membagikan pesan text/tweet seseorang di timeline.
  • Feed : Kumpulan tweet terbaru dari pengguna yang anda follow.
  • Mention (@) : Cara untuk memanggil nama pengguna lain dengan username yang digunakan, sebagai contoh : @MariahCarey24 dan secara otomatis mereka akan menerima notifikasi mention dari anda.
  • Direct Message (DM) : Berkomunikasi secara pribadi antara pengguna Twitter.
  • Hashtag (#) : Cara untuk mengangkat topik agar menjadi wadah diskusi yang luas. Misal : #dietkarbo, #tiketpesawatmurah. Selain itu hashtag bisa menjadi discovery tool agar pengguna lain menemukan tweet anda, bahkan mereka yang bukan menjadi follower anda akan dengan mudah menemukannya.

Ada beberapa tips cerdas dalam menggunakan Twitter sebagai media promosi bisnis anda:

  1. Detail. Semakin anda mendeskripsikan secara detail produk bisnis online anda serta jangan lupa untuk sertakan hashtag anda di tweet, maka akan semakin mudah ditemukan oleh orang yang membutuhkan produk anda.
  2. Sertakan nama anda sebagai pemilik bisnis. Selain nama bisnis online anda, sertakan juga nama anda. Hal ini menunjukkan bahwa anda mempunyai sesuatu untuk dibagikan, bukan hanya melulu tentang bisnis anda.
  3. Follow akun Twitter yang mempunyai tipe yang hampir sama dengan bisnis anda. Contoh, jika bisnis anda adalah bisnis travel agen, carilah orang yang mempunyai hobi travelling.
  4. Gunakan pertanyaan untuk memancing interaksi dengan follower anda.
  5. Jangan spamming. Tweet yang hanya berisi link dalam jumlah yang banyak akan dianggap spamming oleh Twitter. Gunakan kata-kata pengantar sebelum ingin share sebuah link.

Cara terbaik untuk memahami Twitter adalah dengan menggunakannya. Karena Twitter merupakan media sosial yang bersifat micro blogging, jadi jika anda ingin menggunakannya, jangan selalu tweet untuk promosi produk anda terus, ini akan membuat bosan follower anda. Ada baiknya selingi dengan tweet pribadi, motivasi, humor maupun tweet tips yang bermanfaat.