Search

Tips buat kamu yang belum pernah naik pesawat

Tips buat kamu yang belum pernah naik pesawat

Sampai sekarang banyak orang yang belum pernah bepergian menggunakan pesawat. Apakah kamu salah satunya?

Pengalaman baru memang perlu buat kamu agar terus berkembang. Jika kamu suka traveling dan belum pernah menggunakan pesawat, suatu saat nanti akan ada waktunya kamu harus bepergian menggunakan transportasi udara ini. Pesawat menjadi pilihan transportasi bagi beberapa orang karena lebih menghemat waktu untuk perjalanan jauh. Jadi siapkah kamu untuk naik pesawat untuk pertama kalinya?

Berikut tips buat kamu yang belum pernah naik pesawat, agar tidak kelihatan canggung.

Pesan Tiket
Sekarang maskapai sudah menggunakan tiket elektronik atau yang biasa disebut eticket, jadi kamu tidak perlu menyimpan tiket fisik (kertas) dan tidak ada resiko tiket hilang atau rusak. Kamu bisa memesan atau membeli tiket secara online melalui website maskapai atau layanan lain seperti agen travel online, atau bisa juga secara offline dengan mendatangi agen maskapai maupun agen travel terdekat.

Tiba lebih awal
Saat kamu sudah mengetahui jadwal keberangkatanmu, berarti kamu wajib tiba di bandara 1,5 jam sebelumnya. Persiapkan perjalanan ke bandara dengan sebaik-baiknya, lebih baik kamu tiba jauh lebih awal karena beberapa bandara mempunyai aturan yang sangat ketat untuk waktu check in.

Perhatikan barang bawaan dan bagasi
Tiap maskapai mempunyai aturan yang berbeda mengenai barang bawaan dan bagasi, maka perhatikan baik-baik aturan mengenai bagasi sesuai maskapai yang kamu gunakan. Jangan ragu untuk menghubungi Layanan Pelanggan maskapai untuk menanyakan hal-hal yang masih membuatmu bingung.
Hal ini sangat berguna nantinya ketika kamu berada di bandara, karena kelebihan bagasi atau berat yang tidak sesuai bisa mengakibatkan tambahan biaya yang cukup besar.

Perhatikan barang yang dilarang untuk dibawa
Bandara dan maskapai mempunyai aturan yang sangat ketat mengenai barang yang boleh dibawa masuk baik ke area keberangkatan maupun ke dalam pesawat. Sebelum memasuki area keberangkatan kamu akan diperiksa oleh petugas dan dipindai menggunakan alat. Secara umum semua jenis peralatan elektronik, barang yang terbuat dari logam, barang berupa cairan atau benda dengan ujung runcing akan mendapat perlakuan khusus.

Matikan peralatan elektronik
Radiasi handphone sangatlah besar yang membuat bandara memiliki ketentuan untuk mematikan benda ini agar tidak terjadi sesuatu saat diperjalanan nantinya. Kamu bisa menyalakan kembali handphone ketika keluar dari ruang check-in atau ruang tunggu pesawat. Banyak orang yang langsung menghidupkan benda ini tanpa berfikir panjang tentang dampak yang ditimbulkan.

Tunggulah pesawat di ruang tunggu sesuai tujuan
Agar tidak salah memasuki pesawat kamu bisa bertanya atau meminta petugas untuk mengantarkanmu sampai ke lorong. Semua informasi mengenai penerbangan yang akan kamu gunakan biasanya sudah tertulis lengkap di tiket kamu, namun tidak perlu ragu bertanya agar tidak terjadi kesalahan.

Yups, itu tadi beberapa tips buat kamu yang belum pernah naik pesawat. Mungkin kamu pernah mendengar orang yang mabuk perjalanan di dalam pesawat, sebaiknya kamu buang jauh-jauh pikiran seperti itu karena perjalanan menggunakan pesawat sangatlah nyaman namun singkat. Di dalam pesawat kamu bisa menyaksikan keindahan pemandangan dari ketinggian dan melihat awan-awan. Jadi nikmatilah penerbanganmu.

Selamat liburan.