Search

Tips Ampuh Untuk Mendapatkan Tiket Kereta Api Online Mudik Lebaran

Tips Ampuh Untuk Mendapatkan Tiket Kereta Api Online Mudik Lebaran

Mudik lebaran adalah saat di mana kita bertemu dengan seluruh keluarga, kerabat dan sahabat, Lebaran adalah momen yang tak tergantikan. Pertemuan ini sudah menjadi tradisi bagi kebanyakan orang dan menjadi sebuah magnet untuk selalu rindu kampung halaman. Dan sudah tidak diragukan lagi kereta api saat ini menjadi moda transportasi favorite untuk mudik lebaran. Selain karena bebas macet, juga karena sangat nyaman. Karena sudah tidak perlu berdesak-desakkan lagi didalamnya dan tanpa harus berebut tempat duduk bahkan rela menempati toilet. Mudik dengan kereta api kini tak ada lagi cerita ketidak-nyamanan. Dan berdesakan, bahkan berpanas-panasan, yang ada hanya rasa nyaman dan sejuk didalamnya. Namun, untuk kenyamanan tersebut diibutuhkan sedikit usaha untuk mendapatkan tiket tersebut. Tidak heran jika tiket kereta api akan ludes dalam beberapa jam setelah jadwal pemberangkatan tiket kereta api dibuka.

Saat ini semua tiket kereta api bisa dipesan H-90 sebelum waktu keberangkatan, ekonomi AC, bisnis maupun eksekutif. Ada trik yang dapat membantu anda saat penjualan tiket kereta api dibuka secara online sejak pukul 00.00 WIB. Akan lebih baik jika anda online pada pukul 00.30 WIB sampai 04.00 WIB, bukan online tepat waktu pada pukul 00.00 WIB karena semua orang masuk secara bersamaan. Mulai tanggal 07 Maret 2018 untuk tiket kereta api H-10 mudik lebaran mulai dibuka. Situs yang bisa diakses untuk book tiket kereta api adalah situs resmi kereta api atau travel agen online yang bermitra dengan PT KAI. Pada lebaran tanggal 15 – 16 Juni 2018 ini kereta api Indonesia telah menyediakan 198.000 seat dan belum termasuk kursi tambahan.

Berikut adalah tips ampuh untuk mendapatkan tiket kereta api secara online:

  1. Siapkan amunisi yaitu koneksi internet yang lancar dan pastikan kuota internet cukup untuk berselancar dalam mencari tiket.
  2. Siapkan internet banking untuk memudahkan pembayaran, jika tidak punya anda bisa menggunakan kartu kredit. Dan jika kedua jenis pembayaran tersebut anda juga tidak punya, anda bisa bersantai ria sembari mencari tiket kereta api secara online di kafe-kafe atau mini market yang buka selama 24 jam dan juga telah menyediakan mesin ATM.
  3. Siapkan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir serta nomor identitas anda di notepad, agar anda tidak perlu mengetik lagi. Anda hanya perlu untuk copy paste saja.
  4. Lupakan untuk memilih tempat duduk. Karena ada kemungkinan ketika anda sibuk memilih tempat duduk, tiket sudah habis dipesan orang lain.

Lalu bagaimana jika anda sudah kehabisan tiket kereta api? Jangan khawatir. Berdoalah ada yang membatalkan booking-nya, sebab ada kemungkinan terkendala oleh pembayaran tiket. Jadi anda bisa cek lagi beberapa jam setelah pembelian tiket secara online dibuka untuk melihat apakah ada kursi yang dijual lagi. Setelah anda mendapatkan tiket, jangan lupa untuk menukarnya satu jam sebelum perjalanan.

Semoga tips dan trik yang sudah diberikan diatas dapat membantu anda dalam mencari tiket kereta api online untuk mudik lebaran tahun ini dan tahun-tahun berikutnya.