Search

Tips Agar Tubuh Tetap Bugar Dan Sehat Selama Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan segera tiba dalam hitungan jam, sudahkah anda mempersiapkan diri untuk menyambutnya? Seperti yang anda ketahui, puasa identik dengan kata lemas dan kurang bersemangat. Tapi puasa tidak boleh dijadikan alasan untuk tidak melakukan aktivitas yang dapat menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh anda. Berpuasa bukan berarti anda harus bermalas-malasan dan tidak melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasanya. Tidur memang di anggap sebagai ibadah pada bulan Ramadhan, tetapi bukan berarti anda dapat tidur sepanjang hari. Justru pada bulan Ramadhan anda di latih untuk tetap menjalankan rutinitas sehari-hari seperti biasanya dan tetap bugar meski anda dalam keadaan haus dan lapar.

Lalu bagaimana cara menghindari malas saat berpuasa? Untuk itu anda perlu memperhatikan pola makan dan pola tidur agar bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik dan kesehatan anda tetap terjaga meskipun anda melakukan rutinitas yang padat sepanjang hari. Ada beberapa tips agar tubuh anda tetap sehat dan bugar saat berpuasa, simak tips berikut ini:

  1. Perhatikan menu sahur

Sahur cukup penting karena makanan yang anda konsumsi akan mempengaruhi kerja tubuh anda selama sehari penuh. Konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti; ubi, jagung, singkong, oatmeal, roti gandum dan nasi merah karena dapat membuat perut anda kenyang selama lebih dari 6 jam. Protein, buah, sayur dan air putih cukup membantu menjaga stamina tubuh anda.

  1. Hindari makanan berminyak

Makanan ini akan membuat sel darah merah menggumpal sehingga dapat mengakibatkan aliran oksigen berkurang hingga 20 persen. Akibatnya anda akan cepat mengantuk pada siang hari.

  1. Batasi rutinitas di luar rumah waktu siang hari

Pada siang hari udara akan terasa panas dan terik matahari cukup menyengat, usahakan untuk beraktivitas di dalam ruangan atau tempat yang teduh. Jangan beraktivitas yang berlebihan agar anda tidak mudah lelah.

  1. Makan secukupnya ketika berbuka puasa

Langsung memakan banyak makanan pada waktu buka puasa akan membuat perut terasa sesak. Para pakar kesehatan menganjurkan untuk makan secara bertahap mulai dari air mineral, buah-buahan, makanan manis dan selang beberapa jam kemudian baru makan besar seperti nasi dan lauk pauk.

  1. Jangan makan makanan manis terlalu banyak

Mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis memang baik di lakukan saat buka puasa, agar dapat memulihkan energi setelah berpuasa lebih dari 14 jam. Tapi jangan keliru dengan porsi makanan dan minuman manis yang di konsumsi terlalu banyak, karena mengkonsumsi terlalu banyak makanan manis tidak baik untuk kesehatan.

  1. Hindari makan yang berlebihan untuk menghindari obesitas

Jangan makan terlalu banyak saat makan malam, untuk menghindari obesitas. Lebih baik hindari minuman yang mengandung soda dan kopi karena bisa membuat anda sulit tidur dan menimbun lemak. Ganti minuman tersebut dengan air mineral atau jus buah.

  1. Lakukan olahraga ringan

Berjalan kaki selama 15 hingga 20 menit pada malam hari setelah makan malam, dapat menjaga kebugaran tubuh anda.

  1. Memperhatikan pola tidur

Mengantuk pada siang hari selama bulan Ramadhan bukan hanya disebabkan karena tidak makan dan minum pada siang hari, tetapi juga karena tidak memiliki waktu tidur yang cukup. Sebaiknya hindari waktu anda untuk bergadang dan melakukan aktivitas yang tidak terlalu penting.

Intinya, jangan terburu nafsu untuk memakan semua makanan yang enak-enak dan lezat-lezat tanpa memperhatikan makanan mana yang sehat dan mana yang tidak untuk di konsumsi tubuh. Anda juga perlu memperhatikan kesehatan dan kebugaran tubuh selama bulan Ramadhan.

Kesehatan yang terjaga baik merupakan modal bagi anda agar dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik. Selain memperhatikan tips-tips di atas anda juga perlu mengkonsumsi buah-buahan agar nutrisi dan cairan tubuh anda tetap bugar.