Search

Tips Agar Tetap Berolahraga Saat Bulan Puasa

Tips Agar Tetap Berolahraga Saat Bulan Puasa

Bulan puasa atau bulan Ramadhan adalah bulan di mana seluruh umat muslim di dunia diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa dari terbitnya matahari hingga terbenamnya matahari, kurang lebih selama 13 jam tubuh tidak akan mendapatkan suplai makanan dan minuman dari luar. Saat bulan Ramadhan ada kalanya terdapat kendala untuk melakukan olahraga, kendala tersebut muncul karena anda sedang berpuasa. Namun sebenarnya anda tetap dapat melakukan rutinitas olahraga anda selama bulan Ramadhan, tentu saja dengan porsi yang berbeda tidak seperti pada hari-hari lainnya di luar bulan Ramadhan.

Jangan jadikan bulan Ramadhan sebagai alasan untuk tidak berolahraga. Justru pada saat bulan Ramadhan anda harus tetap menjaga kondisi tubuh anda agar tetap sehat dan fit. Anda pun harus selektif dalam memilih jenis olahraga yang sesuai dengan kemampuan anda. Olahraga membawa pengaruh positif pada tubuh anda, antara lain untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar. Meskipun begitu olahraga yang boleh di lakukan saat bulan puasa adalah olahraga ringan saja dan tidak terlalu menguras energi. Hindari olahraga berat seperti bermain bola atau lari. Karena olahraga berat dapat membuat tubuh anda berkeringat sehingga anda kekurangan cairan atau dehidrasi.

Waktu terbaik untuk berolahraga adalah satu jam sebelum waktu buka puasa. Karena pada waktu menjelang buka puasa, anda dapat langsung minum untuk mengurangi rasa haus anda setelah waktu buka puasa tiba. Tidak disarankan untuk melakukan olahraga pada siang hari karena dapat membuat anda merasa kelelahan dan mengurangi cairan tubuh anda, sementara waktu untuk berbuka puasa masih harus menunggu cukup lama. Sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut ini ketika akan berolahraga:

  • Lakukan olahraga setidaknya 30 menit sebelum waktu berbuka. Jika ingin melakukan olahraga pada malam hari, sebaiknya lakukan dua jam setelah anda buka puasa.
  • Cukup lakukan olahraga ringan saja seperti bersepeda, jalan kaki, naik turun tangga, threadmill. Sebaiknya hindari olahraga beban atau fitness karena akan menguras energi, sehingga kurang tepat bagi tubuh anda.
  • Sebaiknya jangan melakukan olahraga menjelang tidur, hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan pada tubuh anda beristirahat.
  • Olahraga yang baik di lakukan di tempat yang sejuk. Namun jika dilakukan di area terbuka, lebih baik di lakukan di bawah pepohonan dan kawasan yang sejuk. Dengan begitu anda akan terhindar dari kelelahan dan rasa haus yang berlebihan.

Selain tipe olahraganya, perlu dicatat juga seberapa sering frekuensinya, seberapa berat beban olahraga yang dijalani dan berapa lama durasi waktu olahraganya. Perlu diperhatikan juga selama berolahraga untuk tidak terlalu berlebihan. Tetaplah semangat untuk berolahraga walau pun anda sedang berpuasa, agar tubuh tetap sehat dan bugar serta berat badan anda tidak membengkak saat lebaran tiba nanti. Puasa lancar, badan bugar dan olahraga tetap berjalan terus!