Search

Tips Agar Mata Tetap Terjaga Saat Bekerja Pada Bulan Ramadhan

Tips Agar Mata Tetap Terjaga Saat Bekerja Pada Bulan Ramadhan

Rasa lelah, lemas dan mengantuk saat berpuasa sangat wajar terjadi. Karena tubuh kita yang biasanya mendapatkan asupan energi melalui makan dan minum secara otomatis sementara terhenti di siang hari. Hampir setiap orang yang melaksanakan ibadah puasa pun merasakan hal yang sama. Energi yang terkumpul saat sahur mulai berkurang dan tubuh mulai lelah dengan aktivitas yang dijalani. Rasa kantuk pada siang hari tentunya akan sangat mengganggu terutama ketika anda masih harus bekerja dan tengah berpuasa.

Lalu bagaimana dengan aktivitas pekerjaan, bisnis dan lain sebagainya yang harus diselesaikan? Apakah harus terbengkalai karena anda menjalankan puasa? Jangan khawatir, dorongan kuat untuk tidur bukan berarti karena anda malas, tetapi memang karena aktivfitas yang bersifat biologis yang mengatur aktivitas bangun-tidur. Yang mengakibatkan anda mudah mengantuk pada siang hari, dan karena waktu untuk tidur anda terpotong oleh waktu untuk sahur pada dini hari.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat anda lakukan ketika anda mengantuk saat bekerja:

  1. Cuci Muka

Ketika anda mengantuk, anda tidak dapat meminum kopi atau mengkonsumsi makanan untuk kembali meningkatkan energi anda. Namun anda dapat mengurangi rasa kantuk anda dengan cara mencuci muka dengan air. Dengan mencuci muka, anda akan kembali segar dan rasa kantuk akan berkurang. Selain mencuci muka, anda juga dapat memperbaiki penampilan seperti: menyisir rambut, memakai make up, atau bahkan memijat wajah anda sendiri.

  1. Membaca Cerita Lucu Atau Melihat Gambar Lucu

Anda dapat menggunakan komputer atau smartphone anda untuk mencari cerita-cerita lucu dan gambar-gambar lucu. Dengan hiburan tersebut rasa kantuk anda akan berkurang, anda juga bisa bercanda dengan teman kerja anda dan tentunya tanpa mengganggu pekerjaan yang sedang anda lakukan. Terkadang orang mengantuk karena tidak ada teman untuk berbicara.

  1. Jalan-Jalan Di Sekitar Tempat Kerja

Ketika anda sedang berpuasa, anda mungkin akan malas bangun dari tempat duduk anda dan melakukan jalan-jalan ringan di sekitar ruang kerja atau tempat kerja anda. Akan tetapi hal tersebut juga perlu di lakukan agar tubuh anda kembali segar. Hirup udara yang segar, lihatlah taman dan pepohonan di sekitar tempat kerja anda. Dengan jalan-jalan ringan dapat meningkatkan sirkulasi darah ke otak dan membuat saluran pernafasan menjadi lebih longgar. Ini akan dapat menyingkirkan rasa kantuk dan malas anda dalam bekerja.

  1. Melakukan Meditasi Selama 5 Menit

Ketika anda sedang mengantuk saat berpuasa, berhenti memaksakan diri anda untuk tetap bekerja, hal tersebut dapat membuat pekerjaan anda bisa saja menjadi berantakan karena anda tidak fokus. Cobalah untuk bermeditasi selama lima menit. Meditasi tidak hanya di lakukan dengan menutup mata, ini justru akan membuat anda semakin mengantuk. Buatlah diri anda menjadi rileks dengan melakukan beberapa latihan pernafasan. Ini akan membantu melancarkan sirkulasi pernafasan udara dan oksigen ke seluruh tubuh anda. Anda dapat melakukannya sambil mendengarkan musik.

  1. Memanfaatkan Jam Istirahat

Anda bisa memanfaatkan jam istirahat untuk meregangkan otot dan otak. Jika memungkinkan anda bisa tidur sejenak untuk memulihkan energi anda, minimal selama 30 menit. Maka tubuh akan terasa segar kembali dan pikiran pun sudah siap berkativitas lagi melanjutkan rutinitas pekerjaan anda.

Biasanya ketika anda mengantuk dalam bekerja anda mungkin menggunakan bantuan secangkir kopi dan camilan agar energi anda kembali dan mata tetap terjaga. Karena memasuki bulan Ramadhan, maka hal-hal tersebut harus anda tinggalkan sementara waktu. Sebagai gantinya anda dapat melakukan tips-tips di atas.