Search

Tips Agar Kemitraan Dalam Bisnis Berjalan Dengan Baik

Tips Agar Kemitraan Dalam Bisnis Berjalan Dengan Baik

Menjalani kemitraan bisa menjadi sebuah solusi ideal untuk mendapatkan tenaga kerja dan keahlian yang tepat untuk membangun sebuah perusahaan. Karena ada anggapan jika menjalankan bisnis bersama mitra usaha dapat berkembang lebih baik dibandingkan jika menjalankannya sendiri. Akan tetapi pada kenyataannya, mencari mitra usaha tidak semudah menjalin pertemanan. Tentu akan lebih baik jika teman atau kerabat diajak untuk bekerja sama dalam bisnis. Namun tidak semua bisnis kerjasama dapat dijalankan dengan baik.

Ada yang melangsungkan kerjasama bisnis dengan membuat komitmen yang dilandasi secara hukum dalam jangka panjang. Bahkan ada juga yang menjalankan bisnis kerjasama secara jangka pendek, karena hanya ingin mencoba. Namun apabila kemitraan tidak dapat berjalan baik, hal tersebut dapat memicu retaknya hubungan kemitraan dan kegagalan dalam kerjasama bisnis.

Berikut adalah tips agar kemitraan dalam bisnis anda tetap berjalan dengan baik:

  1. Membuat Visi Dan Misi Bersama

Dalam bisnis apa pun, penting bagi anda dan mitra usaha anda untuk menentukan visi dan misi usaha bersama sebagai langkah pertama dalam membuka bisnis. Karena jika semua pikiran tidak mengarah pada arah yang sama, masalah akan timbul. Carilah beberapa hal yang mampu memberi motivasi dalam menjalankan bisnis tersebut. Luangkan waktu anda untuk mendiskusikan visi dan misi perusahaan anda dengan mitra usaha. Tuliskan visi dan misi yang telah disepakati bersama dan gunakan sebagai referensi untuk segala sesuatu yang berkaitan dengan bisnis yang akan di lakukan.

  1. Memanfaatkan Kekuatan Mitra Usaha

Mitra usaha bergabung karena berbagai alasan dan harapan. Pastikan anda tidak mengabaikan keahlian masing-masing individu. Tunjukkan manfaat dari kekuatan masing-masing mitra bisnis anda, dengan memanfaatkan hal tersebut, maka kesuksesan bisnis dapat anda raih bersama.

  1. Dana Yang Dapat Di Kontribusikan Sebagai Modal Usaha

Tidak semua kemitraan membagi rata modal awal. Ada banyak mitra yang menentukan rasio kepemilikan berdasarkan persentase uang yang dibawa dalam kemitraan tersebut. Penting bagi anda untuk mendiskusikan hal ini dengan jelas bersama mitra usaha anda, agar tidak terjadi konflik di kemudian hari.

  1. Melengkapi Kekurangan Mitra Usaha

Dalam upaya meningkatkan bisnis anda, untuk itu anda harus mengetahui apa saja kekurangan anda dan mitra usaha anda. Karena kekurangan tersebut bisa menjadi hambatan dalam mengembangkan produk atau jasa, pemasaran dan penjualan. Segera kenali dan cari solusi atas kekurangan tersebut agar kerjasama dapat berlangsung dengan baik.

  1. Tetapkan Tujuan Perusahaan

Pastikan tujuan bisnis yang anda jalankan disusun secara terstruktur. Lihat kembali tujuan tersebut setiap beberapa bulan sekali dan perbaharui secara bersama-sama dengan mitra usaha anda. Masukkan semua secara tertulis dan pastikan masing-masing dapat berkomitmen pada tujuan perusahaan tersebut.

  1. Segera Tangani Perselisihan, Kekecewaan Dan Frustasi

Pada setiap kerjasama pasti terjadi perselisihan, kesalah pahaman, dan perbedaan pendapat. Jangan biarkan hal tersebut terjadi berlarut-larut, segera selesaikan jika terjadi perselisihan. Anda bisa membuat jadwal untuk melakukan kunjungan atau berdiskusi bersama dengan mitra usaha anda serta berdiskusi mengenai berbagai hal yang berhubungan dengan bisnis yang tengah anda jalankan bersama mitra usaha untuk mencegah terjadinya perselisihan.

  1. Peran Kerja Mitra Usaha

Definiskan dengan jelas tugas anda dan mitra usaha anda. Tujuannya adalah agar pekerjaan tersebut dapat diselesaikan dengan baik sesuai dengan peran kerja dan tugasnya masing-masing.

Dengan mengikuti tips di atas, anda dapat memiliki landasan yang kokoh dalam kerjasama yang kuat dan saling menguntungkan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!