Search

Tipe-tipe Kepribadian Traveller Saat Berlibur, Kamu yang Mana?

Tipe-tipe Kepribadian Traveller Saat Berlibur, Kamu yang Mana?

Setiap orang pasti memiliki kepribadian yang berbeda. Tak terkecuali seorang traveller. Traveler memiliki tipe kepribadian unik yang berbeda-beda. Jika kamu memang seorang pecinta alam dan suka melakukan traveling, apa tipe kepribadianmu saat sedang berpetualang?

Berikut ini ada beberapa tipe kepribadian traveler saat berlibur yang mungkin cocok kepribadianmu denganmu.

  1. Tipe Petualang
    Tipe satu ini, biasanya mereka yang suka berpetualang dan mengelilingi kearifan lokal suatu daerah. Mereka akan betah berlama-lama untuk menjelajah dalam suatu daerah dan berpetualang di setiap sudut keindahan kota yang disajikan. Tipe ini, biasannya akan membuat itinerary yang terjadwal setelah mengunjungi suatu lokasi untuk mengunjungi suatu tempat yang baru.
    Seorang traveler dengan tipe petualang ini, suka dengan sesuatu yang baru. Mereka juga cenderung suka melakukan hal-hal yang menantang dan memacu adrenalin. Berjalan kaki menyusuri lembah yang curam dari satu bukit ke bukit lainnya, terjun bebas ke dalam lembah yang bertebing curam, atau mungkin melakukan hal ekstrem lainnya.
  2. Tipe Pengembara
    Seorang traveller dengan tipe pengembara ini, tidak suka melakukan sesuatu hal yang direncanakan. Berbeda dengan tipe petualang yang menyusun itinerary setelah mengunjungi suatu tempat, tipe pengembara ini akan spontan menjelajah suatu kearifan daerah tanpa melakukan perencanaan perjalanan yang terjadwal terlebih dahulu.
    Tipe pengembara ini juga suka dengan sesuatu yang baru. Mereka akan lebih senang bertemu dengan orang-orang baru, layaknya seorang yang sedang mengembara. Tipikal pengembara ini, suka melakukan perjalanan ke tempat-tempat yang baru untuk lebih mengenal banyak orang dan bersahabat baik dengan mereka.
    Traveler dengan tipe pengembara ini, juga senang melakukan misi-misi kemanusiaan. Layaknya seorang relawan yang melakukan aksi sosial dalam bencana alam, mereka juga suka melakukan aksi sosial dalam perjalanan mereka. Tempat wisata yang suka dikunjungi oleh tipikal yang satu ini adalah tempat yang masih menjunjung tinggi keramah-tamahan masyarakatnya. Seperti daerah pegunungan, dataran tinggi, dan lain sebagainya.
  3. Tipe Wisatawan
    Tipe kepribadian traveler yang satu ini, sangat berbeda jauh dengan kedua tipe di atas. Jika seorang traveler dengan tipe petulangan dan tipe pengembara melakukan perjalanan karena hobi dan kesenangan mereka, tipe ini tidak demikian. Seorang traveler dengan tipe wisatawan ini, akan mengunjungi suatu tempat untuk memenuhi dorongan kebutuhan sosial mereka., yaitu mengikuti tren kekinian dan ikut eksis di media sosial.
    Tak jarang juga tipe wisatawan ini akan membuat daftar perjalanan, atau itinerary dari suatu tempat yang akan mereka kunjungi. Karena biasannya, tipe wisatawan ini akan memburu suatu tempat pariwisata dalam satu waktu sekaligus. Oleh karena itu, manajemen waktu akan sangat dipertahtikan oleh mereka yang bertipe wisatawan ini.
  4. Tipe Perencana
    Tidak berbeda jauh dengan tipe wisatawan lain, tipe perencana ini memiliki jadwal teratur tersendiri untuk kegiatan liburannya selama satu hari penuh. Bahkan, mereka bisa membagi waktu 24 jam dalam tabel dan dipadatkan untuk berbagai tempat yang ingin dikunjungi sebanyak-banyaknya.
    Masih sama dengan tipe wisatawan pada umumnya, tipe ini juga akan mengunjungi tempat-tempat tren kekinian untuk memenuhi panggilan jiwa sosialnya. Namun yang membedakan antara tipe wisatawan lain dan tipe perencana ini adalah dari segi manajemen waktu yang diterapkan.
    Sebagai gambaran, umumnya wisatawan tidak terlalu terikat dengan jadwal karena mereka berwisata untuk santai dan menyegarkan pikiran mereka. Sedangkan tipe perencana biasanya berwisata dengan tujuan-tujuan tertentu dan memanfaatkan waktu secara efektif.
  5. Tipe Santai
    Tipe kepribadian traveler ini, biasanya lebih bebas mengekspresikan liburan mereka. Tidak ada jadwal mengikat dan patokan tempat wisata yang akan dikunjungi. Mereka hanya ingin santai dan tidak berpikiran bahwa liburan adalah suatu hal yang dinanti-nantikan. Tipe seperti ini, lebih senang untuk tinggal di resort yang nyaman dan jauh dari banyak orang untuk mendapatkan ketenangan, dan mereka bisa bersantai tanpa ada yang mengganggu.

Nah, itulah beberapa tipe kepribadian traveler saat pergi liburan. Dari kelima tipe kepribadian di atas, manakah yang termasuk dirimu ketika sedang pergi berlibur?