Search

Tipe-Tipe Kamar Hotel Berdasarkan Fasilitas Dan Jumlah Tempat Tidur

Tipe-Tipe Kamar Hotel Berdasarkan Fasilitas Dan Jumlah Tempat Tidur

Tipe kamar hotel sangatlah banyak dan mempunyai sebutan yang berbeda-beda dari hotel yang satu ke hotel yang lainnya. Tipe kamar di hotel tersebut dibeda-bedakan karena mempunyai fasilitas yang berbeda antara kamar satu dan yang lainnya. Pada dasarnya standar ketersediaan fasilitas tersebut telah ditentukan oleh kelas-kelas kamar hotel. Biasanya harga kamar hotel berdasarkan pada fasilitas yang telah tersedia di kamar.

Berikut adalah tipe-tipe kamar hotel berdasarkan fasilitas yang di dapat dari harga yang termurah:

  1. Standard Room (STD)

Merupakan sebutan kamar yang paling murah di sebuah hotel. Tetapi kamar standar di setiap hotel itu berbeda-beda. Terkadang memiliki satu ranjang King Size, double dengan ranjang dua Queen Size, atau bahkan dengan satu ranjang dengan seperti single room. Kamar standar memiliki fasilitas yang paling dasar, seperti televisi, pembuat kopi, telepon, meja, kloset, dan kamar mandi.

  1. Superior Room (SUP) atau Premium Room

Biasanya tipe kamar superior memiliki definisi yang berbeda-beda dari setiap hotel. Terkadang merupakan kamar hotel namun dengan ukuran kamar yang lebih besar. Atau juga terkadang merujuk pada ke kamar khusus dengan pemandangan atau lokasi yang lebih baik. Biasanya kamar superior juga dikenal dengan nama Premium room atau kamar premium. Sederhananya kamar superior lebih baik dari pada kamar standar. Untuk lebih baiknya, ketika anda akan memesan kamar superior, tanyakan terlebih dahulu fasilitas yang akan di dapat dari hotel terkait.

  1. Deluxe Room (DLX)

Kamar ini didesain lebih berkelas dari penampilan, ukuran, dan lokasinya. Akan tetapi pada beberapa hotel, terkadang kamar tipe deluxe dikategorikan di bawah kamar superior.

  1. Junior Suite Room (JR STE) atau tipe Studio (STU)

Merupakan sebuah ruangan besar di mana ruang tidur dan tempat duduk terpisah. Walau pun biasanya dalam bentuk kamar single, akan tetapi tetap memiliki pemisah kecil antara ruang tidur dan tempat duduk. Kamar ini tidak jauh berbeda dengan tipe kamar studio, hanya saja pada tipe studio ukurannya jauh lebih besar dan mempunyai tambahan dapur serta peralatan untuk memasak. Harganya pun lebih mahal dari kamar tipe suite.

  1. Suite Room (STE)

Tipe kamar ini seperti sebuah flat atau apartemen kecil di dalam sebuah hotel, mempunyai ukuran yang lebih besar melebihi ukuran standar. Memiliki ruang tidur, ruang tamu dan ruang memasaknya sendiri. Biasanya tipe kamar ini digunakan oleh pelaku bisnis atau keluarga yang tinggal di hotel dalam kurun waktu yang cukup lama. Suite Room sendiri dapat diperluas menjadi tipe executive dan presidential.

  1. Presidential atau Penthouse Room

Presidential Suite, biasanya dikenal dengan nama penthouse. Di mana merupakan lantai teratas dari sebuah hotel. Dengan ruangan yang lebih besar, perlengkapan terbaik dan pemandangan yang indah. Merupakan kamar termahal dari sebuah hotel.

Selain tipe kamar hotel berdasarkan fasilitas dan ukuran kamar di atas, kamar hotel juga dibagi berdasarkan jumlah tempat tidur dalam sebuah kamar. Tipe kamar tersebut antara lain:

  1. Single Room

Merupakan kamar untuk satu orang yang dilengkapi dengan satu buah tempat tidur berukuran single untuk satu orang.

  1. Twin Room

Sebuah kamar untuk dua orang yang dilengkapi dengan dua buah tempat tidur yang terpisah. Masing-masing tempat tidur berukuran single.

  1. Double Room

Merupakan kamar tidur yang dilengkapi dengan tempat tidur berukuran besar/double (ranjang tersebut muat untuk dua orang).

  1. Triple Room atau Family Room

Kamar tersebut muat untuk tiga orang dengan satu buah tempat tidur berukuran double dan satu tempat tidur berukuran single. Atau sebuah kamar yang dilengkapi dengan tiga buah tempat tidur dan masing-masing berukuran single.

Demikian gambaran tipe-tipe kamar hotel di atas bisa menjadi panduan anda dalam memilih kamar yang akan anda tinggali selama perjalanan bisnis atau perjalanan wisata anda.