Search

Tetap Sehat saat Traveling

Tetap Sehat saat Traveling

Traveling memang menyenangkan namun juga melelahkan. Apalagi jika kamu traveling ke tempat yang jauh atau memakan waktu yang cukup lama. Berada jauh dari rumah untuk jangka waktu yang lama tentu akan mengubah banyak hal yang biasa kamu lakukan baik itu kegiatan rutin, makanan, istirahat hingga kebersihan.

Hal-hal tadi bisa mempengaruhi kesehatan kamu. Tentu kamu tidak ingin jatuh sakit dan traveling kamu malah menjadi pengalaman buruk. Berikut kami akan berbagi tips menjaga kesehatan selama traveling agar liburanmu menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Perhatikan makanan
Memperhatikan makanan di sini juga termasuk cemilan dan minuman, jadi bukan melulu makanan berat ya. Ketika traveling, godaan untuk mencoba berbagai macam makanan lokal pasti sangat besar. Bukankah salah satu kenikmatan traveling adalah kegiatan kulinernya.

Jika kamu memang ingin menikmati berbagai makanan lokal di tempat kamu berkunjung, kamu bisa mempertimbangkan beberapa hal berikut:

  • Kebersihan lokasi atau tempat makanan itu berada
  • Kebersihan peralatan memasak dan alat makan
  • Bahan makanan yang digunakan, terbuat dari apa dan masih segar atau tidak
  • Kondisi makanan, apakah dimasak saat itu juga, atau cuma dihangatkan kembali

Kalau kuliner bukan tujuanmu untuk traveling, sebaiknya kamu membawa sendiri bekal makanan yang tahan lama dan sudah kamu ketahui kualitas serta kebersihannya. Membawa roti atau makanan instan seperti mie atau bubur bisa menjadi pilihan yang cukup aman asalkan tidak dikonsumsi secara terus-menerus.

Jika kamu traveling ke area pedesaan yang masih hijau, kamu bisa mencoba buah atau sayuran lokal yang ditawarkan. Kamu pasti akan terkejut dengan kualitasnya yang sangat baik dan harganya yang murah. Bisa juga kamu coba masakan lokal yang benar-benar baru dimasak, akan menjadi pengalaman kuliner baru buat kamu.

Pastikan cukup minum air
Atau bahasa kerennya tetap terhidrasi, yaitu menjaga agar kebutuhan cairan pada tubuh tercukupi. Tubuh kita sebagian besar terdiri dari cairan karena itu mencukupi kebutuhan cairan pada tubuh sangat penting. Saat traveling kita beraktifitas lebih banyak daripada hari-hari biasa, karena itu kebutuhan air juga lebih banyak.

Saat traveling terutama di daerah dengan suhu hangat atau panas pastikan membawa botol berisi air minum. Minumlah setidaknya 2-3 liter air mineral tiap hari selama traveling untuk mencukupi menjaga keseimbangan cairan tubuh. Kurangi minuman jenis lain seperti soda, kopi, minuman energi atau lainnya. Air mineral adalah pilihan paling terbaik selama traveling.

Memperhatikan suhu dan cuaca
Traveling ke tempat-tempat yang memiliki iklim berbeda dengan kota tempat tinggalmu memang seru, karena akan memberikan pengalaman berbeda pada tubuh dan pikiranmu. Tapi jangan sampai terlena dan melupakan perubahan kondisi tubuhmu.

Jika kamu berlibur ke tempat yang panas dan banyak sinar matahari sudah pasti botol berisi air minum harus kamu bawa. Udara panas membuat kamu cepat letih, banyak berteduh dan menjaga tubuh tetap sejuk untuk menghindari tubuh kamu stress karena sengatan panas.

Liburan di tempat dingin kelihatannya memang lebih mudah daripada di tempat panas. Namun bukan berarti bisa disepelekan, jika kamu tidak menjaga tubuh tetap hangat bisa merepotkan kamu sendiri nantinya.

Cukup istirahat dan santai
Momen liburan tidak datang setiap hari, pasti rasanya ingin menggunakan setiap detik waktu liburan sebaik mungkin. Jangan sampai euforia liburan membuatmu kurang istirahat. Walaupun terdengar sangat sederhana, tidur yang cukup sangat penting agar tetap sehat dan aktif.

Dengan tidur yang cukup selama traveling kamu akan menjaga kamu tetap segar ketika liburanmu berakhir, sehingga kamu bisa kembali ke rutinitas dengan tubuh dan pikiran yang segar.

Ingat juga untuk menjalani liburanmu dengan santai, karena tujuanmu mengambil liburan adalah untuk bersantai bukan?

Selamat liburan.