Search

Tempat Ngabuburit Seru Di Yogyakarta

Tempat Ngabuburit Seru Di Yogyakarta

Ngabuburit menjadi moment yang paling menyenangkan saat Bulan Ramadhan tiba. Tidak hanya berkumpul bersama keluarga, teman, sahabat, tapi juga bisa menambah teman baru. Inilah bulan yang paling ditunggu, umat Islam bersuka cita menyambut meski selama satu bulan lamanya menahan lapar dan dahaga selama lebih dari 12 jam setiap harinya. Sambil menunggu adzan Maghrib, biasanya orang-orang menikmati sore sambil mencari sajian untuk berbuka puasa, atau yang biasa disebut sebagai Ngabuburit.

Bagi anda yang berada di Yogyakarta, tidak perlu bingung untuk mencari tempat ngabuburit. Pasalnya kota yang kaya akan tradisi dan budaya ini menyediakan berbagai pilihan tempat ngabuburit yang nyaman dan seru. Penasaran dimana saja tempat ngabuburit di Yogyakarta? Simak ulasan tempatnya berikut ini:

  1. Lembah UGM

Disini selain makanan yang enak dan unik, harganya juga cukup terjangkau oleh kalangan mahasiswa dan pelajar. Segala jajanan pasar ada di Lembah UGM. Selain itu, di Lembah UGM juga pedagang menyediakan lesehan yang nyaman untuk berbuka puasa atau hanya sekedar ngabuburit menunggu datangnya waktu berbuka.

  1. Pasar Sore Kauman

Berada di gang sempit di wilayah Kauman yang legendaris, Kampung Ramadhan Kauman tidak pernah absen dari tujuan ngabuburit warga Yogyakarta yang ingin mencari menu takjil untuk berbuka. Kampung Ramadhan ini merupakan Kampung Ramadhan tertua di Yogyakarta karena digelar sejak tahun 1973. Suasana tempo dulu masih terasa, karena Kauman pemukiman penduduk yang didominasi oleh bangunan lama. Puluhan stand makanan berjejer rapi di depan rumah warga, berbagai lauk pauk dan jajanan pasar untuk hidangan berbuka puasa tersedia di sana. Mulai dari kolak, kue lapis, kicak, pepes tahu hingga kerang.

  1. Jalur Gaza

Jalur Gaza disini bukanlah Jalur Gaza yang berada di Timur Tengah, Jalur Gaza adalah dari Jajanan Lauk Sayur Gubuk Ashar Zerba Ada. Terletak di sekitar Masjid Mutohirin di sepanjang Jalan Sorogenen. Bukan hanya penjaja makanan yang meramaikan Jalur Gaza, berbagai acara juga digelar oleh panitia seperti live music, buka bersama, penyantunan anak yatim hingga pengajian akbar.

  1. Kampung Ramadhan Jogokaryan

Kampung Jogokaryan terletak di daerah Mantrijeron. Tenda-tenda makanan digelar di sepanjang jalan menuju Masjid Jogokaryan. Disini anda akan disuguhkan berbagai kuliner dan sejumlah produk lain yang merupakan hasil olahan dari masyarakat. Pada saat Bulan Ramadhan, Masjid Jogokaryan juga menyediakan menu takjil yang berbeda-beda setiap harinya.

  1. Alun-Alun Kidul

Alun-alun yang nampak asri ini tidak pernah sepi pengunjung, ngabuburit di alun-alun sambil bertukar cerita dapat menjadi ide yang tepat sambil menunggu waktu adzan maghrib tiba. Selain itu, Alun-alun Kidul juga terdapat dua pohon beringin yang cukup rindang. Setelah berbuka puasa anda dapat mencoba dengan bermain sepeda atau modifikasi becak dengan lampu warna-warni.

  1. Jalan Malioboro

Merupakan tempat wisata legendaris dari masa ke masa. Jalan ini adalah tempat wisata yang ikonik. Ketika Ramadhan tempat ini akan ramai oleh pedagang takjil dan jajanan pasar untuk berbuka puasa. Disini anda bisa jalan-jalan sore untuk menghabiskan waktu selagi menunggu adzan Maghrib.