Search

Teknologi Mempengaruhi Pergeseran Perilaku Belanja Konsumen

Teknologi Mempengaruhi Pergeseran Perilaku Belanja Konsumen
Era internet membuat perilaku konsumen berubah, perubahan yang terjadi begitu cepat. Konsumen kini gemar belanja online karena banyak keuntungan yang didapatkan. Keuntungannya tentu saja lebih mudah karena belanja kini dapat dilakukan melalui smartphone bisa dimana saja dan kapan saja, mempunyai banyak pilihan situs belanja online, layanan pesan makanan dan minuman, hingga jasa jual beli tiket perjalanan dapat dilakukan konsumen secara online. Pembayaran pun bisa dilakukan dengan e-banking, e-money dan cash on delivery, bahkan masih diiming-imingi dengan promosi berupa potongan harga dan bebas biaya kirim. Daya beli konsumen itu ada, namun untuk cara menghabiskannya kini bergeser. Media sosial berperan besar dalam hal ini, seperti Facebook dan Instagram, banyak orang yang memamerkan kegiatan keseharian mereka melalui media sosial. Entah yang sedang melakukan traveling ke destinasi wisata eksotis, makan di tempat-tempat yang instagramable, dan sebagainya. Konsumen digital Indonesia menikmati belanja secara online, khususnya dengan membaca ulasan dan mencari informasi mengenai produk dan jasa secara online. Karena mereka memandang internet sebagai sarana untuk mengecek produk atau jasa yang dapat memberikan informasi sebelum mereka melakukan pembelian. Banyak konsumen yang menerima rekomendasi tempat makan, fashion apa yang sedang trend, film apa yang akan ditonton, dan tempat untuk berlibur hingga mencari tiket perjalanan melalui smartphone dan perangkat lain yang memudahkan konsumen untuk mencari informasi melalui aplikasi pencarian. Dalam hal ini pelaku bisnis dan konsumen dapat terhubung dan berkomunikasi melalui perangkat teknologi. Pelaku bisnis pun kini bertransformasi, bukan hanya menyediakan tempat yang nyaman untuk berbelanja dan makan saja, namun juga menyediakan extra service untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Kini bisa dilihat jika banyak pelaku bisnis offline pun membuka layanan belanja online baik melalui situs resmi perusahaan yang dimiliki oleh pelaku bisnis atau pun marketplace. Hal tersebut juga harus diimbangi dengan mengelola online bisnisnya secara serius. Dengan mengenali dan memahami pergeseran ini pelaku bisnis dan pemilik merek dagang dapat mengantisipasi kebutuhan masa depan dengan membentuk strategi pemasaran bisnis mereka untuk memasuki peluang bisnis yang terbuka di tahun-tahun mendatang.