Search

Teknik Penjualan Layanan Kamar Hotel

Teknik Penjualan Layanan Kamar Hotel

Tidak dapat dipungkiri, pertumbuhan pariwisata yang pesat menyebabkan tingkat persaingan antar pelaku usaha pariwisata juga semakin ketat. Salah satunya yaitu berupa penjualan voucher hotel. Pada waktu tertentu, hotel akan mengalami kelesuan dalam penjualan kamar, hal tersebut dikarenakan oleh kondisi pasar yang tidak menentu dan selalu berubah-ubah. Saat-saat seperti hal tersebut biasa disebut dengan Low Season. Hotel-hotel pada umumnya menurunkan harga kamar untuk memenuhi target pemasaran yang telah disusun.

Ada banyak upaya yang dilakukan untuk dapat meningkatkan pendapatan hotel. Sehingga diperlukan terobosan dan strategi penjualan agar penjualan dapat meningkat. Teknik-teknik penjualan kamar hotel yang dapat diterapkan antara lain:

  • Cross Selling, yaitu menjual produk atau jasa A untuk kemudian bisa menjual lagi B, C, dan D pada konsumen atau tamu tersebut. Penerapannya bervariasi, tergantung pada kreativitas dari masing-masing marketer/pemasar dalam melakukan penjualan. Pada intinya adalah supaya perusahaan dapat menjual sebanyak mungkin layanan jasa kamar hotel. Sebagai contoh: ketika anda bepergian dan akan melakukan reservasi hotel, pihak hotel akan menawarkan produk layanan jasa lainnya, seperti sewa mobil atau paket wisata selama anda menginap di hotel tersebut.
  • Up Selling, yaitu menjual produk atau layanan jasa A yang dapat ditingkatkan penjualannya menjadi A+ atau A++. Up Selling lebih menekankan pada menjual produk yang diinginkan oleh konsumen dengan menawarkan produk sejenis namun memiliki keunggulan lebih banyak. Tujuannya agar konsumen dapat mengeluarkan uang lebih banyak untuk suatu produk tertentu agar perusahaan bisa mendapatkan keuntungan lebih banyak. Sebagai contoh: ketika anda check in pada hotel yang telah anda pesan sebelumnya, kemudian pihak hotel menawarkan anda untuk upgrade kamar dengan fasilitas yang berbeda dan dengan harga yang hampir sama.

Promosi hotel tidak hanya tentang menurunkan harga hotel, dalam strategi pemasaran hotel promosi hotel dapat berarti menawarkan sesuatu yang dapat berarti bagi konsumen untuk menarik minat mereka dalam membeli produk atau layanan hotel yang anda tawarkan. Untuk itu, sangat penting bagi anda untuk lebih fokus pada penawaran nilai tambah yang akan didapatkan oleh konsumen dibandingkan menawarkan harga yang lebih murah.

Dengan memahami apa yang konsumen butuhkan dan inginkan, maka anda dapat membuat strategi pemasaran yang tepat. Dengan menawarkan sesuatu yang dibutuhkan oleh konsumen dan tidak mereka dapatkan dari kompetitor anda. Maka anda memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan konsumen. Bahkan dengan promosi sederhana, seperti layanan antar jemput tamu di bandara secara gratis dapat menarik minat konsumen.