Search

Tantangan Yang Akan Dihadapi Pelaku Bisnis Dalam Memulai Bisnis Online

Tantangan Yang Akan Dihadapi Pelaku Bisnis Dalam Memulai Bisnis Online

Beberapa tahun terakhir bisnis online menjadi trend bisnis baru di masyarakat. Tidak hanya pelaku bisnis yang sudah mahir saja yang bisa menjalankan bisnis online. Tapi semua orang bisa menjalankan bisnis ini, mulai dari kalangan pelajar, hingga ibu rumah tangga. Menjual kebutuhan pasar lewat online merupakan cara praktis karena tidak perlu menyewa ruko atau lahan untuk dijadikan tempat bisnis.

Membangun bisnis online maupun offline tidak ada bedanya. Selain membutuhkan modal usaha, mempunyai bisnis online juga memerlukan strategi pasar yang tepat agar target yang di capai sesuai dengan rencana. Yang membedakan bisnis online dan bisnis offline adalah cara memasarkan produk mereka. Menjalankan bisnis online memiliki banyak tantangan juga pertimbangan yang harus dihadapi dan diputuskan secara bijak oleh pelaku bisnis demi kemajuan usahanya.

Tantangan dalam memulai bisnis online yang mungkin akan anda hadapi sebagai berikut:

  1. Kompetitor

Kemudahan dalam menjalankan bisnis online yang ditawarkan semakin membuat banyak orang mulai tertarik untuk menjalankannya. Terutama bagi para ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan pendapatan tambahan. Dengan semakin bertambahnya pelaku bisnis online, maka persaingan yang terjadi semakin ketat. Oleh sebab itu, pelaku bisnis online harus bisa menawarkan sesuatu yang unik dan berbeda dibanding dengan pesaingnya untuk menarik minat konsumen.

  1. Penipuan

Penipuan merupakan salah satu tantangan bagi pelaku bisnis, terutama bisnis online. Hal ini menjadi ancaman besar. Semakin banyak pelaku bisnis online yang tidak bertanggungjawab bermunculan, tentu saja akan membuat ragu bagi para pembeli untuk membeli sebuah produk baik barang mau pun jasa secara online. Sebagai pelaku bisnis, untuk mengatasi hal ini, anda harus pintar-pintar dalam meyakinkan konsumen bahwa bisnis anda adalah bisnis terpercaya dan aman untuk berbelanja. Seperti dengan menampilkan testimoni dari pembeli sebelumnya.

  1. Ulah Konsumen Yang Tidak Bertanggungjawab

Dalam berbisnis anda akan menemukan berbagai jenis karakter konsumen. Dan tipe konsumen yang sering membuat ulah adalah yang harus diwaspadai. Biasanya pada tipe ini adalah konsumen yang menunjukkan ketertarikan untuk membeli sebuah barang atau jasa tapi ketka ia menemukan harga yang lebih murah dia akan mengabaikan pesanan tersebut dan memilih untuk membeli di tempat pesaing anda. Untuk menyikapinya, sebaiknya anda berikan batasan waktu dalam soal pemesanan dan pembayaran untuk menghindari ulah konsumen seperti ini.

  1. Hacker

Hacker bisa menjadi tantangan tersendiri bagi bisnis anda. Biasanya mereka mengincar online shop yang telah memiliki banyak pengikut. Hacker akan berusaha mengambil alih online shop tersebut, kemudian membuatnya sebagai miliknya.

Meskipun banyak tantangan yang dihadapi oleh seorang pelaku bisnis dalam memulai bisnis online, akan tetapi kesukesan tetap dapat diraih dengan kerja keras dan strategi serta trik dalam mengdapai tantangan tersebut.