Search

Tanda Bisnis Anda Disukai Oleh Konsumen

Tanda Bisnis Anda Disukai Oleh Konsumen
Dalam bisnis anda tentu mengejar keuntungan. Untuk itu perlu ada strategi khusus agar keuntungan yang anda kejar bisa maksimal. Salah satu hal yang menjadi perhatian khusus untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal adalah dengan memperhatikan perilaku konsumen dan pelanggan anda. Karena meskipun anda memiliki bisnis dengan produk yang bagus dan kualitas terbaik, jika tidak dilirik oleh konsumen, maka akan sia-sia. Era pelaku bisnis mengendalikan konsumen telah berlalu, dan telah digantikan dengan era di mana konsumen yang mengendalikan pelaku bisnis. Para pelaku bisnis harus jeli dan mencari tahu keinginan dan kebutuhan konsumen mengenai suatu produk atau jasa. Memahami konsumen dan proses konsumsinya dapat memberikan berbagai keuntungan. Antara lain, anda dapat memahami apa-apa yang diinginkan oleh konsumen tentang suatu produk atau jasa, dengan begitu anda dapat meningkatkan produk dan jasa tersebut dengan kualitas yang lebih baik lagi namun dengan harga yang terjangkau. Bisnis berbasis konsumen selalu dimulai dengan konsumen, pelaku bisnis mulai bekerja dari luar dan dari dalam untuk menyeimbangkan keadaan dengan lingkungan eksternal bisnis. Bisnis ini melihat kesempatan-kesempatan terbaik dengan konsumen, berkompetisi efektif dengan berdiri tegak di lingkungan internal. Anda dapat menggunakan kesempatan-kesempatan tersebut untuk mengembangkan bisnis. Perlu diingat bahwa keberadaan konsumen sangat penting bagi kelangsungan bisnis anda, karena dapat memberikan pertumbuhan yang manis dan lebih tahan lama meski diterpa oleh waktu. Berikut adalah tanda jika bisnis anda sudah mampu melayani konsumen dengan baik dan disukai oleh konsumen:
  1. Repeat Order
Mendapat konsumen baru cukup penting, tetapi akan lebih bagus lagi jika konsumen baru itu kemudian melakukan pembelian lagi setelah pembelian pertamanya. Ketika anda mendapatkan konsumen baru, carilah jalan agar mereka dapat datang kembali untuk melakukan transaksi pembelian selanjutnya. Bisa dengan memberikan diskon atau bonus berupa souvenir.
  1. Transaksi Meningkat
Anda bisa dikatakan mampu melayani konsumen dengan baik jika pada transaksi penjualan berikutnya meningkat. Contohnya jika pada pembelian pertama anda hanya mendapatkan Rp. 250.000,- pada pembelian berikutnya anda mendapatkan Rp. 400.000,- dari konsumen yang sama.
  1. Rekomendasi Pada Orang Lain
Ketika konsumen anda puas dengan layanan dan produk yang didapatkan dari bisnis anda. Konsumen anda tersebut dapat membawa konsumen baru untuk berkunjung ke tempat usaha anda. Karena itu, jaga hubungan baik anda dengan konsumen, mereka bisa menjadi media promosi gratis.