Search

Syarat Untuk Pembatalan Tiket Pesawat Yang Sudah Dibayar

Melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat memang sudah menjadi hal yang biasa. Melakukan pembookingan tiket pesawat secara online maupun pembelian langsung melalui travel agen. Namun bagaimana jika rencana penerbangan anda berubah dan anda ingin membatalkan tiket pesawat yang sudah anda beli? Apakah tiket tersebut masih bisa dikembalikan dan uang anda akan kembali? Banyak hal yang tidak bisa diprediksi, ada kalanya rencana bepergian gagal karena satu dan lain hal.

Untuk mengetahui hal tersebut ada baiknya anda membaca beberapa kemungkinan yang bisa anda dapatkan jika mengalami situasi tersebut. Pembatalan tiket pesawat bisa dilakukan dan uang yang dibayarkan bisa dikembalikan, tapi ada beberapa syarat yang perlu anda ketahui untuk hal tersebut.

  • Tiket pesawat yang dibayarkan bukan tiket promo maupun tiket fixed date.
  • Perubahan jadwal tiket pesawat masih dalam waktu yang valid.
  • Jika terjadi selisih harga tiket pesawat antara tiket lama dan tiket baru anda, maka penumpang harus membayar selisih dari harga tiket yang tertera.
  • Membayar biaya administrasi, jumlah nominalnya tergantung dari masing-masing maskapai penerbangan.
  • Untuk syarat lainnya sesuai dengan kebijakan masing-masing maskapai penerbangan.

Cara untuk melakukan pembatalan atau perubahan tiket itu bisa dilakukan dengan menghubungi pihak travel agen di mana anda telah membeli tiket tersebut dengan menunjukan tiket yang sudah anda beli sebagai buktinya dan tanda pengenal anda. Untuk tiket yang tidak jadi dipakai karena alasan tertentu, ada beberapa kemungkinan yang bisa anda dapatkan.

  • Untuk tiket promo atau tiket yang sudah bersifat fixed date, maka tiket tersebut otomatis hangus atau uang tiket yang anda bayarkan tidak dapat dikembalikan.
  • Tiket yang bisa diuangkan yaitu seperti tiket pesawat yang sudah  lama delay atau pembatalan penerbangan oleh maskapai yang bersangkutan.

Kondisi ini mungkin pernah anda alami, penyebabnya bisa beragam, maintenance pesawat, cuaca yang tidak mendukung penerbangan, atau terjadi permasalahan internal di dalam maskapai penerbangan yang menyebabkan pesawat tidak bisa lagi terbang dalam jangka waktu yang lama. Tiap maskapai memiliki kebijakan sendiri mengenai besaran dana pengembalian tiket penumpang.  

Disarankan jika anda ingin melakukan perubahan jadwal penerbangan atau pun pembatalan tiket pesawat yang sudah dibayar. Sebaiknya lakukan sebelum 24 jam dari jadwal keberangkatan semula. Hal ini untuk menghindari biaya administrasi yang cukup besar yang dibebankan pada anda. Sehingga anda mendapatkan uang anda kembali meskipun dengan jumlah yang tidak sebesar seperti harga tiket ketika anda beli.