Search

Surga Hidangan Berbuka Puasa Di Pasar Sore Ramadhan Kampung Kauman

Setiap bulan Ramadhan tiba, tidak sedikit pasar dadakan yang digelar. Jika anda sedang berada di Yogyakarta dan bingung mencari tempat untuk ngabuburit, Pasar Sore Ramadhan Kampung Kauman bisa menjadi pilihan anda. Tentunya sambil mencari takjil atau makanan untuk berbuka. Terletak di gang sempit yang lebarnya tidak sampai dua meter. Pasar Sore Ramadhan Kampung Kauman selalu ramai diserbu oleh masyarakat dari berbagai penjuru di wilayah Yogyakarta. Pasar Sore Ramadhan Kampung Kauman berlokasi tidak jauh dari Malioboro dan Titik Nol Kilometer Yogyakarta, hanya berjarak sekitar 200 meter. Tepatnya berada di Jalan Ahmad Dahlan, di seberang jalan Rumah Sakit Islam PKU Muhammadiyah Yogyakarta.

Pasar tiban ini sudah ada sejak tahun 1970-an dan tidak berbeda dengan pasar tiban lainnya ketika bulan ramadhan tiba. Menurut sejarah, dahulu banyak warga kampung Kauman yang menjual makanan dan minuman menjelang waktu berbuka puasa tiba. Mereka berjualan di pinggir jalan kampung. Kemudian makin banyak warga luar Kauman yang datang untuk membeli berbagai makanan di sini hingga berkembang menjadi seperti sekarang ini.

Jika anda menyusuri gang sempit yang terletak di RW 10 hingga RW 13 Kauman ini, maka anda akan menemukan berbagai macam jenis jajanan pasar dan menu khas bulan ramadhan yang susah dicari di pasar tiban lainnya. Seperti: clorot, sarang gesing, kacang kumbon, kue lumpur, bubur saren, semar mendem, serabi kocor dan kipo. Menu makanan utama pun dapat anda temui di sini, pecel cap jay, yaitu kudapan cap cay yang dicampur dengan bumbu pecel. Bahkan terdapat juga gudeg, berbagai macam pepes, lauk pauk dan lain sebagainya, dengan kisaran harga Rp. 1.500,- hingga Rp. 10.000,-

Di antara jajanan yang dijual di Pasar Sore Ramadhan Kampung Kauman, ada satu panganan yang hanya dijual pada saat bulan ramadhan dan menjadi khas ikon pasar kauman, yaitu kicak yang terbuat dari beras ketan, nangka, parutan kelapa, dan gula jawa. Untuk menambah rasa nikmat kicak kemudian dibungkus dengan daun pisang. Daun pisang juga berfungsi agar kicak tidak mudah bau dan mempunyai rasa gurih, manis dan kenyal. Sebagai makanan asli kreasi warga Kauman, kicak banyak diburu oleh pembeli. Banyak yang beranggapan, tidak lengkap rasanya jika belum membeli kicak di Pasar Sore Ramadhan Kampung Kauman. Selain kicak ada juga wedang sirsak yang menjadi primadona para pelanggan. Minuman yang dibuat dari buah sirsak dan gula yang disajikan hangat.

Bagi pecinta wisata kuliner, Pasar Sore Ramadhan Kampung Kauman bisa menjadi pilihan anda sebagai tempat untuk mencari makanan buka puasa dan mencoba berbagai macam kuliner yang dijual. Salah satu keunikan dari Pasar Sore Ramadhan Kampung Kauman adalah pemandangan pengunjung yang saling berdesakan satu sama lain di gang sempit demi mendapatkan menu berbuka kesukaan mereka dan merasakan suasana ngabuburit di pasar tiban tersebut.

Pasar Sore Ramadhan Kampung Kauman dibuka mulai pukul 13.00 WIB hingga waktu adzan magrib atau waktu berbuka puasa dikumandangkan. Bagi anda yang ingin menikmati beragam menu makanan tradisional dengan nuansa ramadhan, silahkan anda berkunjung ke Pasar Sore Ramadhan Kampung Kauman.