Search

Suka Berpetualang? Yuk, Jelajahi Keindahan Alam Bukit Lendongara di Sumba Barat Daya

Suka Berpetualang? Yuk, Jelajahi Keindahan Alam Bukit Lendongara di Sumba Barat Daya

Apakah kamu seorang traveler yang suka berpetualang dan bersahabat dengan alam? Suka tertantang dengan mendaki perbukitan tinggi berpadang savana? Ataukah kamu juga seorang pecinta senja dan pengagum sejuta keindahan langit sore?

Jika iya, kamu harus berpetualang di sini tempatnya - Bukit Lendongara, Sumba Barat Daya.

Bukit Lendongara
Pernah mendengar tentang kuda sandel (Sandalwood Pony)? Jenis kuda pacu yang berasal dari Pulau Sumba yang terkenal karena ketangguhan daya tahan dan kecepatan larinya.Ya. Sumba sangat terkenal dengan pacuan kuda dan savana. Namun ada satu tempat yang tidak bisa ditinggalkan untuk menceritakan keindahan Sumba, yaitu Bukit Lendongara.
Keindahan Bukit Lendangara tidak perlu diragukan lagi. Bersiaplah untuk dibuat berdecak kagum atas hamparan bukit berselimut rumput menghijau bagaikan permadani alami, yang akan membuatmu tersihir dan terkesima dengan secuil tanah surga di Sumba Barat Daya ini. Konon, saat musim kemarau warna hamparan rerumputan hijau akan berubah kecokelatan oleh rerumputan yang mengering.
Bagaikan ombak abadi di tengah padang savana, bukit ini memiliki terkstur bergelombang dengan bukit dan lembah-lembah yang berselang-seling. Dengan semilir angin yang membelai lembut wajahmu, akan membuatmu seolah tinggal di surga yang telah dijanjikan Tuhan. Rasanya begitu segar, dan jauh dari kata polusi udara dan hawa sesak perkotaan.

Tempat ngopi yang asyik
Rasanya kurang lengkap jika ke sini sekadar menatap takjub hamparan permadani alami yang menyegarkan mata. Kamu bisa mengajak keluarga dan sahabat untuk sekadar duduk manis dan minum secangkir kopi di bawah teriknya matahari Sumba. Sesekali, kamu bisa melihat kuda-kuda yang tengah asyik memakan rumput. Bahkan, jika beruntung kamu bisa melihat orang sedang melakukan pacuan kuda di area sekitar bukit.

Spot foto yang cantik
Bukit yang menawarkan keindahan alam yang sangat mempesona ini, sangat sayang untuk dilewatkan. Kamu bisa berswafoto di kawasan bukit dan mengunggahnya ke akun sosial media. Keindahan bukit Indonesia, tidak kalahnya dengan bukit-bukit yang ditawarkan di luar negeri. Bahkan, keindahan Bukit Lendongara akan semakin sempurna ketika sore telah tiba.
Langit yang mengharu biru, perlahan akan memudar dan tergantikan warna ungu bercampuran jingga yang terpadu sempurna. Gumpalan-gumpalan awan yang serupa kapas itu, semakin menambah kesempurnaan langit Sumba kala sore hari. Bola matahari perlahan akan turun dari peraduannya dan bersembunyi di balik bebukitan. Menampakkan suguhan senja yang sempurna.

Cocok untuk camping
Suara jangkrik dan serangga yang mengalun merdu, akan menambah hawa sejuk dan damai malam di Sumba. Kamu juga bisa camping di area bukit dengan keluarga maupun sahabat. Udara Sumba yang dingin ketika malam tiba, sangat cocok jika kamu mengadakan bakar-bakar jagung atau pun barbeque di area bukit.

Menikmati sunrise
Gelapnya langit malam dan semilir angin Sumba Barat Daya, bisa menyegarkan pikiranmu dan membuatmu terlupa sejenak akan masalah yang sedang kamu hadapi. Ketika pagi telah tiba, kamu akan disuguhi pemandangan yang tak kalah indah. Yaitu sunrise di tanah Sumba. Bahkan, banyak orang yang berlomba-lomba mengejar sunrise di tanah Sumba, karena kecantikan yang ditawarkannya. Apakah kamu juga akan tertarik mengejar sunrise di tanah Sumba?

Satu lagi, buat kamu yang suka berpacu dengan adrenalin, mungkin kamu bisa memainkan track motor di area bukit. Karena bentuk bukit yang bergelombang, sangat menantang untuk memainkan track motor kamu bersama teman-teman.

Itulah keindahan Bukit Lendongara yang bisa menjadi referensi liburan kamu selanjutnya.