Search

Sub-Class Di Dalam Kereta Api Yang Perlu Anda Tahu

Sub-Class Di Dalam Kereta Api Yang Perlu Anda Tahu

Didalam era modern seperti sekarang ini, hampir semua hal dapat dilakukan secara online. Dari melakukan pekerjaan hingga berbelanja, termasuk untuk membeli tiket kereta api. Saat ini tiket kereta api dapat dibeli secara online melalui website kereta api, aplikasi kereta api melalui smartphone anda, maupun travel agen online yang menjual tiket kereta api dan bekerja sama dengan kereta api. Kereta api adalah transportasi favorit kebanyakan orang, karena dilihat dari segi harga juga terjangkau sedangkan jarak tempuh ke kota tujuan cepat dan tidak terganggu oleh jalan yang macet.

Pada saat anda membeli tiket kereta api, anda akan dihadapkan pada pilihan sub-class yang berbeda-beda dan harga yang berbeda-beda. Kelas kereta api sendiri dibedakan menjadi 3, yaitu: kelas eksekutif, kelas bisnis, dan kelas ekonomi. Sistem sub-class ini sudah diterapkan sejak tahun 2013 setelah hadirnya sistem reservasi tiket kereta api secara online.

Dan rincian sub-class masing-masing kelas kereta api adaah sebagai berikut:

  • Kelas eksekutif A, H, I, J, X (tarif termahal ada di sub-class A, dan tarif promo ada di sub-class X). Untuk harganya berada di atas kelas ekonomi, dan dengan fasilitas yang jauh berbeda dari kelas ekonomi. Pada kelas eksekutif, sudah disediakan bantal dan selimut untuk kenyamanan perjalanan.
  • Kelas Bisnis B, K, O, N, Y (tarif termahal berada di sub-class B dan tarif termurah berada di sub-class Y). Harganya berada di bawah kelas bisnis namun diatas kelas ekonomi.
  • Kelas Ekonomi C, P, Q, S, Z (tarif termahal berada di sub-class C dan tarif promo berada di sub-class Z). Untuk harga tiket dari kelas ekonomi, jauh lebih murah jika dibandingkan dengan kelas eksekutif dan kelas bisnis.

Biasanya untuk aturan sub-class ini, gerbong kereta apinya dekat dengan tempat pemesanan makanan. Sehingga jika penumpang ingin memesan makanan, maka akan sangat memudahkan penumpang untuk menjangkaunya. Gerbong yang biasa digunakan adalah gerbong yang aman dari guncangan kereta api selama perjalanan dan jauh dari mesin lokomotif kereta api yang bising. Untuk sub-class tertinggi biasanya tempat duduknya ditempatkan di bagian tengah dalam gerbong kereta api, sedangkan sub-class paling rendah ditempatkan di tempat duduk yang dekat dengan toilet atau sambungan gerbong kereta api lainnya.

Namun penerapan sub-class seperti ini tidak sama pada setiap rangkaian kereta api. Terkadang ada rangkaian gerbong kereta api yang memiliki sub-classnya masing-masing, ada juga satu gerbong kereta api yang memiliki lebih dari satu sub-class, biasanya hal tersebut ditentukan berdasarkan tempat duduk. Pengecualian untuk sub-class tarif promo, tempat duduknya ditempatkan secara acak.

Sub-class diatas tersebut bisa menjadi acuan anda dalam memilih kelas kereta api  untuk perjalanan bisnis maupun perjalanan liburan anda. Memilih tempat duduk dilakukan demi mendapatkan sebuah kenyamanan, namun demikian pemilihan kelas penumpang kereta api juga harus disesuaikan dengan isi kantong anda.