Search

Strategi Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Voucher Hotel

Strategi Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Voucher Hotel

Dalam menjalankan bisnis voucher hotel, dibutuhkan pemasaran yang cepat dan efektif. Pemasaran memegang peranan penting dalam penjualan produk. Usaha akan semakin sukses dengan pemasaran produk, untuk itu anda harus menerapkan cara pemasaran produk yang efektif. Strategi pemasaran jasa bisnis voucher hotel berbeda dengan pelayanan jasa lain. Kepuasan pengunjung dan fasilitas yang didapatkan menjadi salah satu faktor penting dalam meningkatkan penjualan voucher hotel.

Pendapatan sebuah hotel tidak hanya datang dari kamar yang yang terjual, akan tetapi bisa datang dari makanan dan minuman yang disediakan oleh pihak hotel, layanan kamar, laundry, layanan antar jemput dan pemakaian jasa lainnya. Lalu bagaimana jika hotel sepi pengunjung? Dan cara apa yang bisa dilakukan untuk mendongkrak hunian tersebut?

Berikut strategi untuk meningkatkan penjualan bisnis voucher hotel yang bisa anda terapkan dalam usaha travel online anda:

  1. Menawarkan Pengalaman Unik Dari Sebuah Hotel

Tawarkan sebuah pengalaman nan unik bagi para tamu. Sebagian dari para tamu hotel akan merasa jenuh jika sebuah hotel tidak menawarkan ciri khas berbeda dari hotel-hotel yang lainnya. Di sini anda bisa memanfaatkan fasilitas yang dimiliki oleh sebuah hotel untuk mengajak tamu agar datang menginap di hotel tersebut. Semakin khas dan unik sebuah hotel, maka semakin timbul karakter yang kuat dari hotel tersebut.

  1. Fokus Pada Pelayanan

Pelayanan merupakan sebuah produk yang mempunyai komposisi besar dari hotel. Langkah terbaik dalam meningkatkan sebuah pelayanan hotel adalah dengan menjadikan para tamu seperti keluarga. Menyajikan jamuan yang hangat dengan suasana kekeluargaan, maka akan semakin mempererat antara tamu dengan pihak hotel. Artinya, kemungkinan besar tamu hotel tersebut akan menjadi tamu regular atau tamu tetap yang akan kembali lagi reservasi dengan menggunakan hotel yang sama pada kunjungan berikutnya.

  1. Harga Yang Kompetitif, Namun Bukan Perang Harga

Sebagian hotel enggan menurunkan harga kamar dengan harga yang serendah-rendahnya. Cara meningkatkan penjualan kamar hotel dengan cara tersebut sah-sah saja. Akan tetapi strategi marketing juga tetap harus dijalankan. Langkah terbaik dalam memberikan harga tertentu yaitu dengan cara mengambil pada moment-moment tertentu seperti hari ulang tahun hotel, hari valentine, hari kemerdekaan, dan sebagainya. Sehingga keseimbangan harga pasar akan tetap terjaga.

Setelah tamu hotel menginap di hotel tersebut, tidak sepenuhnya anda putus hubungan dengan tamu hotel tersebut. Anda dapat meminta informasi berupa alamat dan nomor telepon tamu hotel yang dapat anda hubungi. Setelah beberapa waktu penjualan, tanyakan pada tamu hotel tentang pelayanan hotel yang dirasakan sembari menawarkan promo hotel yang tengah berlangsung. Anda dapat menyimpan informasi yang didapat dari tamu hotel tersebut sebagai data bisnis voucher hotel.