Search

Strategi Pemasaran Untuk Memaksimalkan Kinerja Iklan dalam Bisnis Hotel

Strategi Pemasaran Untuk Memaksimalkan Kinerja Iklan dalam Bisnis Hotel

Dalam beberapa tahun terakhir kompetisi dalam industri perhotelan semakin ketat. Dengan tumbuhnya hotel-hotel baru serta semakin berkembangnya jumlah penyedia jasa akomodasi lainnya menyebabkan persaingan dalam memperebutkan pasar wisata menjadi semakin sulit. Pada waktu tertentu hampir semua bisnis pernah mengalami naik turun dalam menjalankan sebuah usaha, tidak terkecuali dengan bisnis hotel. Untuk menghadapi hal ini, maka diperlukan strategi yang tepat untuk menarik minat konsumen.

Salah satu strategi yang tepat dalam memasarkan bisnis hotel adalah melalui iklan. Karena iklan adalah strategi pemasaran yang paling utama. Melalui iklan, masyarakat akan mengetahui serta mengingat jenis sekaligus tampilan hotel yang diiklankan. Membuat iklan yang menarik tidak mudah. Konten dan jenis iklan yang dibuat tergantung dari target pasar dan tujuan yang ingin dicapai.

Berikut beberapa strategi pemasaran untuk memaksimalkan kinerja iklan bisnis hotel yang anda buat:

  1. Memiliki konsep yang jelas dan pesan yang disampaikan melalui iklan

Sebelum membuat iklan, tentukan konsep yang ingin diusung dan tentukan juga pesan yang ingin disampaikan pada calon tamu. Konsep dan pesan yang akan dibuat tidak perlu rumit, yang terpenting adalah fokus pada hal yang ingin disampaikan. Tampilkan pula gambar-gambar menarik seputar hotel yang akan diiklankan agar konsumen tertarik utuk menginap.

  1. Ciptakan kesan berkelas meskipun dengan harga murah

Hampir semua orang menyukai harga murah, namun jangan membuat iklan yang terlihat murahan. Buatlah iklan yang dapat meyakinkan pelanggan agar datang menginap di hotel dengan harga promo tapi dengan fasilitas berkelas. Hari raya atau hari-hari besar merupakan moment yang tepat untuk mempromosikan iklan seperti ini. Tawarkan paket promo menginap dengan menyertakan fasilitas dan paket lainnya, seperti paket voucher makan malam, paket gratis keliling kota dengan mobil hotel dan lain sebagainya. Dengan begitu, harga hotel tetap terjangkau namun tetap berkelas.

  1. Lebih kreatif

Kreativitas sangat diperlukan untuk menarik perhatian orang pada iklan yang anda buat. Jika iklan yang anda buat monoton tanpa ada hal yang unik dan menarik didalamnya, bisa saja tidak ada orang yang tertarik untuk melihat bahkan menontonnya.

  1. Buat iklan yang menarik dan berkualitas

Selain foto dan ilustrasi yang menarik, anda juga bisa membuat video yang bisa ditayangkan di Youtube dan blog anda. Iklan berjenis video efektif untuk menyampaikan pesan melalui cerita. Selain itu pangsa pasarnya sangat luas untuk semua kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa. Dengan ilustrasi iklan yang menarik yang anda tampilkan dan pesan yang jelas dapat tersampaikan pada calon tamu.

  1. Beriklan di internet

Jangan ragu untuk beriklan di internet dengan melalui media sosial, Youtube, atau pun blog. Dengan beriklan di internet, anda dapat menjangkau pasar yang luas tapi dengan budget yang lebih sedikit jika dibandingkan beriklan melalui televisi, radio, atau koran.