Search

Strategi Pemasaran Dalam Bisnis Jasa

Strategi Pemasaran Dalam Bisnis Jasa
Bisnis jasa merupakan bisnis yang menjual layanan pada konsumen yang membutuhkan, bisnis jenis ini tentu sangat berbeda dengan bisnis yang menjual barang. Bisnis jasa menjual produk yang tidak berwujud. Jika bisnis produk berupa barang dapat dimiliki oleh oleh konsumen yang menggunakannya setelah melakukan transaksi. Maka bisnis jasa hanya memberikan kualitas pelayanan yang diharapkan konsumen setelah mereka melakukan transaksi meskipun tidak bisa memiliki pelayanan tersebut selamanya. Bisnis jasa berhubungan pada pelayanan yang diberikan untuk konsumen, karena itu bisnis jasa mengukur keberhasilan strategi pemasaran dengan tingkat kepuasan yang diperoleh konsumen. Lalu strategi pemasaran apa saja yang tepat dalam bisnis jasa? Perhatikan strategi pemasaran bisnis jasa yang dapat anda terapkan pada bisnis anda berikut ini:
  1. Memberikan pelayanan secara efisien. Dengan memberikan pelayanan yang cepat dan tepat serta sesuai dengan harapan konsumen. Secara tidak langsung mampu mempengaruhi konsumen untuk kembali lagi menggunakan jasa yang anda tawarkan. Karena konsumen biasanya lebih menyukai pelayanan yang cepat dan sesuai dengan apa yang mereka harapkan sebelumnya.
  2. Dalam menjalankan pemasaran bisnis jasa, peran karyawan dalam menangani konsumen dengan baik menjadi daya tarik tersendiri. Karena kinerja karyawan menentukan citra perusahaan yang anda miliki di mata masyarakat luas.
  3. Tinggi rendahnya harga yang ditawarkan oleh anda sebagai pelaku bisnis yang disesuaikan dengan besar kecilnya manfaat yang diperoleh konsumen dari produk jasa yang anda tawarkan. Semakin besar manfaat atau nilai jasa yang dibutuhkan oleh konsumen, semakin tinggi juga biaya yang harus dikeluarkan konsumen untuk dapat memenuhi kebutuhan layanan jasa yang diperlukan.
  4. Menggunakan perkembangan teknologi dan inovasi bisnis untuk menghasilkan produk jasa yang mampu memberikan pelayanan terbaik pada konsumen. Dengan teknologi yang semakin canggih, maka semakin cepat juga pelayanan yang dapat anda berikan untuk konsumen.
  5. Sesuaikan dengan perkembangan zaman. Peluang pasar bisnis jasa dipengaruhi dengan perkembangan zaman dan trend yang sedang terjadi saat ini.
Memasarkan jasa memiliki kesulitan tersendiri jika dibandingkan dengan pemasaran sebuah produk berupa barang. Dalam perusahaan jasa, tujuan utamanya adalah kepuasan para konsumen. Produk berupa barang memberikan kebutuhan langsung kepada konsumen, sedangkan jasa tidak. Karena tingkat keberhasilan bisnis jasa adalah tingkat kepuasan konsumen. Oleh karena itu, dalam menentukan strategi pemasaran untuk perusahaan jasa perlu memperhatikan kualitas pelayanan jasa, proses pelayanan dan interaksi perorangan terhadap konsumen.